Senin, 14 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 29 Sep 2019, 21:00:07 WIB, 9 View Tim Redaksi, Kategori : News
Batik pada Sutra untuk Ekor Gaun - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Eksplorasi batik memang tak habis-habis. Misalnya yang ditampilkan dalam karya kolaborasi desainer Eko Tjandra dan Diah Gardenia Jumat malam (27/9). Batik dituangkan pada kain sutra. Sebanyak 18 look yang disuguhkan mencakup busana ready-to-wear, evening gown, hingga kebaya kontemporer.

Untuk evening gown dan kebaya, elemen uniknya adalah ekor batik pada kain sutra yang dilukis sendiri oleh Diah. ”Biasanya saya kalau melukis satu kain sutra dengan batik itu butuh waktu sekitar enam bulan. Tapi, kali ini saya membuat lima pieces hanya dua bulan saja,” terangnya dalam sesi presscon yang digelar sebelum Parade Fashion Rooftop Barbecue Dinner di Vasa Hotel.



Batik di atas sutra karya Diah mempunyai ciri khas warna-warna cerah. ”Mungkin banyak yang bilang kalau ini batik Jawa Timur-an karena warna-warni. Tapi, sebenarnya saya nggak spesifik pada motif daerah tertentu,” jelasnya.

Diah mengungkapkan, batik karyanya merupakan ekspresi yang sedang dirasakan. ”Kebanyakan memang lebih ke arah alam,” sambungnya. Mulai bunga, daun, hingga hewan. Untuk karyanya kali ini, ada yang menggunakan motif teratai. ”Lalu di atasnya ada seribu bulu merak yang saya lukis satu per satu,” terangnya tentang karya yang malam itu dikenakan Jessica Odilia, 3rd runner-up Miss Grand Indonesia 2019.

Diah juga berbagi tip dalam melukis batik di kain sutra yang licin. Memang butuh kesabaran ekstra. ”Saat melukis satu bagian kain, di sekelilingnya harus dikasih peniti sebagai penyangga,” urainya.

Sementara itu, bagi Eko, kolaborasi tersebut menjadi hal yang spesial. Dia mencontohkan desain kebayanya. ”Kalau biasanya kebaya itu atasannya brokat dan bawahannya batik, ini dari atas sampai bawah saya pakai brokat. Motif batiknya ditambahkan pada bagian ekor,” tuturnya. Hasilnya, busana elegan dengan unsur budaya yang kuat, tapi juga ada sentuhan modern.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior  - Gudang Berita Viral Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda  - Gudang Berita Viral Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0  - Gudang Berita Viral Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print