Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 31 Agu 2019, 14:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Banyak Suami di Sidoarjo Berulah, Rumah Tangga Bubrah - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Siapa bilang perceraian merupakan jalan terbaik? Kasus-kasus hancurnya rumah tangga di Kota Delta justru berdampak buruk bagi keluarga. Perempuan dan anak-anak lah korbannya. Mereka jadi sasaran kekerasan.

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Sidoarjo mencatat 79 kasus kekerasan terjadi hingga Juli 2019. Itu belum termasuk kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang tidak dilaporkan. Bentuk KDRT beragam. Baik kekerasan fisik, psikis, maupun lainnya.



Humas P2TP2A Ifadatus Sarofil Analisah menuturkan, KDRT yang berupa kekerasan fisik sangat dominan. Jumlahnya 40 kasus. Ada sebab dan akibatnya. ’’Paling banyak bermula dari perselingkuhan suami,” ungkap perempuan yang biasa dipanggil Icha itu.

P2TP2A sering memberikan konseling dan mediasi untuk kedua pihak. Menyelesaikan permasalahan antara ayah dan ibu. Baik bersama psikolog maupun penasihat hukum. Terutama yang terkait kasus keperdataan. ’’Perceraian masuk ranah putusan perdata pengadilan agama. Hak asuh anak juga diatur dalam putusan tersebut,” jelasnya.

Namun, lanjut Icha, banyak mantan pasangan yang tidak puas. KDRT pun menjadi rangkaian permasalahan yang berlarut-larut. Yang sering bermasalah adalah pasangan muda. Usia mereka masih 30 tahunan. ’’Ego masih tinggi sehingga mengorbankan masa depan anak-anaknya,” ucapnya.

Rata-rata pasangan yang memilih bubrah itu berasal dari kelas menengah ke atas. Jadi, pemicu perceraian bukan masalah ekonomi. Yang dominan adalah problem komitmen dalam membangun bahtera rumah tangga. ”Penghasilan karyawan dan pekerja tentu sudah cukup untuk kebutuhan hidup rumah tangga,” terangnya.

Karena itu, P2TP2A aktif memberikan penyuluhan dan sosialisasi melalui instansi pemerintahan, swasta, maupun lembaga pendidikan agar keluarga memiliki mental yang kuat. ”Termasuk bagaimana langkah-langkah jika menghadapi permasalahan tersebut,” imbuh Icha.

Ketua Pengadilan Agama (PA) Sidoarjo Ati Khoiriyah mengungkapkan, salah satu faktor penyebab perceraian adalah KDRT. Namun, jumlahnya tidak terlalu banyak. Biasanya, kekerasan terjadi setelah adanya pertengkaran yang berlarut-larut. ’’Faktor ketidakcocokan lebih mendominasi,’’ katanya.

Biasanya, suami istri yang bercerai selalu mengaku tidak bisa sejalan lagi. Bahkan, ada di antara mereka yang sampai pisah rumah. Bagi yang emosi tinggi, ada juga yang langsung mendaratkan pukulan ke pipi.

Namun, ada juga yang bukan kekerasan fisik, lebih ke batin atau ekonomi. Pihak yang mendapat perlakuan keras tak ragu mengajukan perceraian ke pengadilan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Belum Bisa Bertemu Jokowi, Pimpinan KPK Tetap Bekerja Seperti Biasa - Gudang Berita Viral Belum Bisa Bertemu Jokowi, Pimpinan KPK Tetap Bekerja Seperti Biasa
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Perpaduan Warna Berani Ala Maggie Hutahuruk di New York Fashion Week - Gudang Berita Viral Perpaduan Warna Berani Ala Maggie Hutahuruk di New York Fashion Week
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Sepekan Perluasan Ganjil Genap, Polisi Tilang 8.014 Kendaraan - Gudang Berita Viral Sepekan Perluasan Ganjil Genap, Polisi Tilang 8.014 Kendaraan
Senin, 16 Sep 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print