Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 15:00:11 WIB, 7 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bangun Empat Smelter Nikel untuk Industri Baterai Kendaraan Listrik - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah serius mengembangkan industri kendaraan listrik. Salah satunya dengan menjadi produsen penghasil bahan baku baterai kendaraan listrik yang didukung pembangunan empat smelter nikel.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono mengatakan, nikel tersebut nanti dapat menghasilkan komponen yang berguna untuk membuat baterai. Di dalam bijih nikel berkadar rendah, ada kandungan kobalt dan lithium sebagai salah satu bahan baku pembuatan baterai.



“Terus berkembangnya teknologi pengelolaan nikel kadar rendah menjadikan cadangan yang dimiliki dapat dimurnikan di dalam negeri sebagai bahan baku baterai dan tidak perlu diekspor,” ucap Bambang.

Setidaknya ada empat smelter yang menggunakan teknologi hidrometalurgi untuk mendorong percepatan industri mobil listrik domestik. Dua di antaranya berlokasi di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Pemanfaatan nikel kadar rendah untuk bahan baku baterai menjadi prioritas sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Di bagian lain, kemarin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelesaikan Jambore Nasional Kendaraan Listrik di Gedung BPPT Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Reli kendaraan listrik nasional itu finis setelah menempuh jarak sekitar 900 kilometer selama lima hari perjalanan. Kegiatan reli tersebut diikuti 15 kendaraan listrik. ITS mengikutsertakan 12 kendaraan listrik yang terdiri atas sembilan mobil listrik dan tiga motor listrik.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik  - Gudang Berita Viral Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kerja Keras PHE Tangani Minyak Bocor di Sumur YYA  - Gudang Berita Viral Kerja Keras PHE Tangani Minyak Bocor di Sumur YYA
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ngamuk, Higuain Tendang Pelatih dan Papan Iklan  - Gudang Berita Viral Ngamuk, Higuain Tendang Pelatih dan Papan Iklan
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print