Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 16:00:13 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bangkok Diguncang Ledakan Bom Jelang Menlu AS Berpidato di KTT ASEAN - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Bangkok yang tengah menjadi tuan rumah KTT ASEAN diguncang ledakan bom pada Jumat (2/8) pagi waktu setempat. Ledakan bom tersebut tak hanya terjadi pada satu lokasi, melainkan di tiga lokasi berbeda. Rentetan ledakan tersebut terjadi jelang Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menyampaikan pidatonya di KTT ASEAN.

Menlu dari negara-negara mitra ASEAN turut diundang dalam KTT tersebut seperti AS, Tiongkok, dan Rusia.



Terkait insiden tersebut, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-o-cha, telah memerintahkan penyelidikan secara mendalam. Bom yang mengguncang Bangkok itu sendiri berdaya ledak kecil atau low explosive. Ledakan itu sendiri menyebabkan empat orang terluka, dua di antaranya perempuan.

“Dua wanita mengalami luka-luka,” ucap singkat pihak Erawan Emergency Centre.

Ledakan pertama dan kedua terdengar pada jam sibuk, sebelum jam 9 pagi waktu setempat dan itu terjadi di dua lokasi dekat pusat Kota Bangkok. Ledakan kedua tersebut menghancurkan kaca di dekat gedung pencakar langit pusat kota. Sementara ledakan ketiga terdengar tak lama kemudian di sebuah kompleks pemerintah yang menampung beberapa kementerian di sisi utara Bangkok.

Polisi Thailand menemukan setidaknya enam bom meledak di tiga lokasi dengan satu bom yang gagal meledak. Sehari sebelumnya, polisi Thailand mengatakan menemukan dua bom palsu di dekat tempat pertemuan keamanan regional. Dua pria telah ditangkap sehubungan dengan bom palsu.

Polisi melakukan sterilisasi menyusul adanya ledakan bom di Bangkok, Jumat (2/8) pagi waktu setempat (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Sementara itu, juru bicara pemerintah Thailand, Narumon Pinyosinwat mengatakan, Perdana Menteri Thailand mengecam dengan keras insiden bom tersebut. Apalagi saat Thailand, khususnya Bangkok, tengah menjadi tuan rumah KTT ASEAN dan dihadiri sejumlah menlu dari negara-negara sahabat.

“Sekelompok orang telah berniat buruk dan merupakan tindakan pengecut. Mereka telah menghasut dengan kekerasan saat pemerintah mendorong negara untuk semakin maju,” bunyi pernyataan resmi dari kantor Perdana Menteri Thailand. Pemerintah Thailand akan segera mengusut dan memerangi teror yang terjadi.

Dari tiga lokasi yang berbeda tersebut setidaknya ada enam bom yang meledak. Beberapa di antaranya menggunakan timer.

Kepala Penjinak Bom Kepolisian Thailand, Kolonel Kamtorn Uicharoen, menjelaskan secara rinci ledakan tersebut. Dia menyebut tiga bom meledak di kompleks Gedung Pemerintahan Thailand di Chaeng Wattana, Bangkok. Satu bom lagi ditemukan namun urung meledak. Dua bom lagi meledak di area Chong Nonsi, Bangkok dan dekat dengan stasiun skytrain.

“Ada sebagian bom yang merupakan rakitan dan dikendalikan dengan timer atau pengatur waktu,” ungkap Kamtorn seperti dilansir Channel News Asia.

Terkait insiden tersebut, Perdana Menteri Thailand, lewat juru bicara Narumon Pinyosinwat, mengimbau masyaratakat tidak panik. Narumon menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak keamanan pemerintah untuk melakukan penjagaan dan terutama menyelidiki dan mengungkap insiden tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono - Gudang Berita Viral Ketika Aliando Syarief Bicara Soal Gaya Rambutnya yang Seperti Dono
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila - Gudang Berita Viral Ibu Kota Baru Berkonsep Kota Pancasila
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor - Gudang Berita Viral DPD Sambut Positif Rencana Penggabungan DKI Jakarta dan Bogor
Kamis, 22 Agu 2019, 11:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print