Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 13 Agu 2019, 20:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bandara Hongkong Kembali Lumpuh, Semua Jadwal Penerbangan Dibatalkan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Bandara Internasional Hongkong kembali lumpuh pada Selasa (13/8) sore WIB. Itu setelah ribuan demonstran kembali menduduki bandara sejak siang hari, tepatnya di area keberangkatan. Otoritas bandara akhirnya memutuskan untuk membatalkan semua jadwal penerbangan dari Bandara Hongkong.

Keputusan membatalkan jadwal penerbangan merupakan yang kedua kalinya dilakukan otoritas Bandara Hongkong. Sebelumnya pada Senin (12/8), mereka juga memutuskan untuk membatalkan jadwal penerbangan dan menutup operasional bandara setelah pengunjuk rasa menduduki bandara.



Sejatinya, pada Selasa (13/8) pagi, Bandara Hongkong kembali membuka penerbangan. Itu setelah para demonstran berangsur meninggalkan bandara usai melakukan aksi pada Senin (12/8). Namun, menjelang siang hari, para demonstran kembali memadati bandara untuk menggelar unjuk rasa. Mereka melakukan aksi di depan pintu-pintu masuk area keberangkatan.

Tak pelak, akses para penumpang ke pintu masuk keberangkatan menjadi terganggu dan sulit. Bahkan, aksi demonstran semakin menjadi karena mereka sengaja menghalangi calon penumpang untuk memasuki area keberangkatan dengan saling mengaitkan tangan. Sebagian dari penumpang sempat marah dan mendorong para demonstran.

Kondisi tersebut sangat tidak memungkinkan untuk operasional bandara. Pada akhirnya, otoritas bandara memberikan pengumuman bahwa jadwal penerbangan Selasa (13/8) mulai sore hari pukul 16.30 waktu setempat dibatalkan seluruhnya.

“Operasional Bandara Internasional Hongkong sangat terganggu. Semua penerbangan keberangkatan dibatalkan,” bunyi pengumuman otoritas bandara seperti dilansir Al Jazeera.

Seorang penumpang berusaha melewati barikade troli bagasi yang dipasang oleh pengunjuk rasa. Bandara Hongkong akhirnya kembali membatalkan jadwal penerbangan pada Selasa (13/8) sore waktu setempat (PHILIP FONG / AFP)

Selain itu, otoritas bandara meminta penumpang untuk segera meninggalkan area bandara. “Semua penumpang disarankan untuk meninggalkan area terminal bandara sesegera mungkin dan tidak datang ke bandara,” imbuh pengumuman otoritas bandara. Namun, pihak otoritas bandara tidak menjelaskan apakah penerbangan kedatangan juga ikut terkena dampak pembatalan tersebut.

Sebelum diputuskan adanya pembatalan penerbangan keberangkatan, pengunjuk rasa memang mulai tak terkendali. Mereka menggunakan troli bagasi untuk membuat penghalang bagi penumpang yang akan memasuki area kedatangan. Para pengunjuk rasa berteriak ke arah penumpang, “Berdiri bersama Hongkong, berjuang untuk kebebasan”.

Wartawan Al Jazeera, Rob McBride, melaporkan dari bandara Hong Kong, bahwa staf bandara telah berusaha untuk membersihkan penghalang-penghalang berupa troli bagasi yang dipasang pengunjuk rasa. Namun, situasinya makin tak menentu karena makin banyaknya pendemo dan justru semakin trengginas untuk membuat barikade. “Sore ini pengunjuk rasa yang datang ke bandara semakin banyak,” sebut McBride.

Kembalinya pengunjuk rasa menduduki bandara diyakini masih kesal dengan petugas kepolisian. Mereka marah terkait tindakan keras polisi pada Minggu (11/8) yang membuat beberapa pengunjuk rasa terluka setelah melakukan pembubaran paksa. Bahkan, salah satu petugas medis dikabarkan mengalami kebutaan setelah salah satu matanya terluka.

Sementara itu, terkait eskalasi di Hongkong yang semakin memanas, PBB lewat Michelle Bachelet dari Komisi Hak Asasi Manusia, pada Selasa (13/8) menyerukan agar kedua belah pihak melakukan dialog.

“Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB mengutuk segala bentuk kekerasan atau perusakan properti dan mendesak semua pihak yang terlibat demonstrasi untuk mengekspresikan pendapat dengan cara damai,” ungkap Bachelet.

Dia lantas menyerukan pihak berwenang melakukan dialog terbuka untuk menyelesaikan semua masalah secara damai. Itu menjadi satu-satunya cara untuk mencapai stabilitas politik jangka panjang dan keamanan publik di Hongkong dan dunia.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 China Mau Bantu BPJS, Rizal Ingatkan Hati-hati  - Gudang Berita Viral China Mau Bantu BPJS, Rizal Ingatkan Hati-hati
Minggu, 25 Agu 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Penalti MU Gagal Lagi, Solskjaer Tak Cemas  - Gudang Berita Viral Penalti MU Gagal Lagi, Solskjaer Tak Cemas
Minggu, 25 Agu 2019, 05:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ngampooz, Solusi Aplikasi untuk Para Akademisi  - Gudang Berita Viral Ngampooz, Solusi Aplikasi untuk Para Akademisi
Minggu, 25 Agu 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print