Selasa, 19 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 05 Nov 2019, 18:00:09 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bahas Pemangkasan Eselon III dan IV di PNS, Tjahjo Rapat Lima Jam - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Rencana pemangkasan jabatan eselon yang sempat diminta oleh Presiden Joko Widodo, langsung ditindaklanjuti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Rapat internal pun langsung digelar.

Tjahjo mengaku untuk membahas itu, dirinya langsung mengumpulkan seluruh sekretaris jenderal dan sekretaris menteri serta lembaga-lembaga nasional, untuk mempersiapkan penyederhanaan eselonisasi di struktural PNS.



“Kita baru saja menggelar rapat, bersama Sekretaris Menteri PANRB dan kita kumpulkan seluruh sekjen dan sekretaris menteri dan lembaga-lembaga nasional, untuk mempercepat pemangkasan birokrasi,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (5/11).

Rapat yang digelar hingga lima jam itu untuk membahas terkait pemangkasan eselon III, IV dan V. Mantan mendagri juga itu menekankan bahwa tujuan penyederhanaan eselon adalah untuk mempercepat perizinan investasi dan mempercepat pelayanan masyarakat.

Namun demikian, Tjahjo memastikan pemangkasan jabatan eselon ini akan dilakukan pemerintah dengan cermat, teliti dan hati-hati. Agar tidak menimbulkan kegaduhan.

“Kita berharap, mudah-mudahan timeline yang kita persiapkan selama enam bulan ini akan bisa terjawab dengan baik,” papar Tjahjo sembaari menegaskan, bahwa eselon III, IV dan V akan diganti dengan jabatan fungsional.

Sebelumnya, saat berpidato di pelantikan dirinya, Jokowi berjanji akan memangkas Jabatan eselon III dan IV di struktur pegawai negeri. Jika itu dilakukan, maka diperkirakan ada 430 ribu PNS yang akan kehilangan jabatannya.

Karo Humas BKN Mohammad Ridwan menuturukan, berdasarakan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) per 30 Juni 2019 menyebutkan, jumlah PNS yang sedang menduduki jabatan eselon 1 ada sebanyak 575 orang atau 0,12 persen dari total 4,28 juta pegawai.

Eselon II 4,23 persen atau 19.463 orang. Total eselon I dan II 20.038 atau 4,35 persen. Eselon III 21,44 persen, eselon IV 71,09 persen, eselon V 4,2 persen. Artinya, total eselon I sampai V ada 460 ribu orang.

“Sehingga bila terjadi pengurangan eselon III sampai V maka kami akan berhadapan dengan manajemen PNS 430 ribu orang. Itu kalau mau frontal tetapi menurut saya akan dilakukan bertahap,” kata Ridwan kepada wartawan.

Namun menurutnya, ada jabatan tertentu yang masih butuh Eselon IV seperti lurah. Sebab, kalau eselon IV ditiadakan, maka siapa yang akan mengatur tenaga fungsional, teken tanda tangan kenaikan pangkat atau administrasi.

“Nah ini yang harus dikaji lagi oleh BKN. Apalagi kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut,” tandasnya.

Menurut dia, sudah ada beberapa kementerian/lembaga yang melakukan pengurangan eselonisasi seperi di BPK. Hal sama juga di KPK. Namun, sebagian besar instansi masih menggunakan eselon I sampai IV. Bahkan di daerah sampai eselon V.

“Jadi wajar bila ada ide tersebut untuk efisiensi birokrasi,” ucapnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Bahas Pemangkasan Eselon III dan IV di PNS, Tjahjo Rapat Lima Jam

Tag: News



Korban Tewas Aksi Unjuk Rasa Bertambah, Evo Morales Kecam Jeanine Anez - Gudang Berita Viral Korban Tewas Aksi Unjuk Rasa Bertambah, Evo Morales Kecam Jeanine Anez
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Dituntut 7 Tahun Penjara - Gudang Berita Viral Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Dituntut 7 Tahun Penjara
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 1 Kali
GRAB Akan Beri Santunan ke Keluarga Korban Skuter Listrik - Gudang Berita Viral GRAB Akan Beri Santunan ke Keluarga Korban Skuter Listrik
Selasa, 19 Nov 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print