Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 12:00:06 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Bahan Baku Masih Banyak Impor, Tim Penggenjot TKDN Dibentuk - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah terus menggaungkan kebijakan P3DN alias peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Kebijakan itu diharapkan bisa mengoptimalkan kandungan lokal dalam produk. Terutama, produk yang dihasilkan dari industri manufaktur.

Kebijakan P3DN bakal memacu daya saing industri manufaktur nasional. Sayang, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) di industri lokal baru bisa diterapkan maksimal di hilir. Sementara itu, di hulu, kebijakan tersebut masih sangat sulit diterapkan.



Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap, timnas P3DN bisa menjalankan peran strategisnya dengan baik. Dengan demikian, TKDN naik dan utilisasi serta daya saing juga meningkat.

“Pada akhirnya, semua itu akan menjadi lokomotif pendorong perekonomian nasional,” ujar Airlangga, Selasa (3/9).

Dia menambahkan, pembentukan timnas P3DN selaras dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018. Ketua umum timnas adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan. Wakilnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

“Kami akan berkoordinasi untuk bersama-sama merumuskan rencana aksi strategis dalam rangka mengimplementasikan kebijakan P3DN secara nasional,” kata Airlangga.

Peningkatan kapasitas produksi dan kualitas tersebut bakal membuat industri dalam negeri lebih kompetitif. Baik di pasar domestik maupun internasional.

Pada praktiknya, P3DN menerapkan dua pendekatan. Yakni, melalui kampanye penggunaan produk dalam negeri serta optimalisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pendekatan kedualah yang lebih banyak diterapkan karena alasan modal dan keefektifan.

Sementara itu, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Kamdani menyebutkan, pihak industri bakal lebih tertarik untuk menambah TKDN jika ada iming-iming. Contohnya, privilege alias prioritas dalam setiap tender pemerintah.

Selain itu, pemerintah harus menyadari bahwa belum banyak pelaku industri yang mandiri dari sisi bahan baku. Jadi, mau tidak mau, mereka harus impor.

“Banyak sektor yang menyebabkan demikian. Meski hilir dikuasai industri dalam negeri, bahan baku masih mengandalkan bahan baku impor,” papar Shinta.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Tauhid Ahmad menambahkan, sektor tambang dan perkebunan mulai menambah TKDN. “Nikel, bijih besi, itu juga sudah bagus,” katanya.

Penggunaan TKDN yang baik, lanjut Tauhid, bisa menurunkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Hari Ini Anies Umumkan Jakarta Sebagai Tuan Rumah Formula E 2020 - Gudang Berita Viral Hari Ini Anies Umumkan Jakarta Sebagai Tuan Rumah Formula E 2020
Jumat, 20 Sep 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Reformulasi Program Transmigrasi - Gudang Berita Viral Reformulasi Program Transmigrasi
Jumat, 20 Sep 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Penelitian Ungkap Dampak Buruk Rasa Lapar Saat Mengambil Keputusan - Gudang Berita Viral Penelitian Ungkap Dampak Buruk Rasa Lapar Saat Mengambil Keputusan
Jumat, 20 Sep 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print