Selasa, 12 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 27 Okt 2019, 07:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Awas, Orang Munafik jangan Dijadikan Imam Salat  - Gudang Berita Viral

SECARA hukum fikih, tidak ada larangan untuk salat di belakang orang munafik. Sebab kemunafikan itu sendiri tidak menjadi sebuah ukuran baku di dalam ilmu fikih. Sebab syarat seorang imam salat itu hanya berkisar pada masalah mendasar saja, seperti status keIslaman seseorang atau kemahiran membaca Alquran dengan benar, atau penguasaannya pada masalah agama, khususnya masalah salat berjemaah.

Adapun bila dikaitkan dengan kemunafikan seorang imam, para ulama umumnya membuat batasan sederhana. Yaitu bila seseorang dianggap sah ketika mengerjakan salat sendirian, maka orang lain yang salat menjadi makmum di belakangnya pun sah juga.

Hal ini pernah terjadi di masa sahabat. Diriwayatkan bahwa Ibnu Umar pernah salat dan menjadi makmum di belakang Al-Hajjah. Padahal sejarah menceritakan bahwa Al-Hajjah ini sebagai orang yang punya catatan serius.



Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abu Sa'id Al-Khudhri pernah juga salat dan menjadi makmum di belakang Marwan, yaitu pada saat salat 'Ied. Ibnu Mas'ud pernah menjadi makmum di belakang Al-Walid bin Uqbah bin Abi Mu'ith. Pada orang ini pernah minum khamar lalu mengimami salat subuh empat rakaat. Sehingga Khaifah Utsman bin Al-'Affan radhiyallahu 'anhu menghukumnya dengan cambuk lantaran hal itu.

Para sahabat Rasulullah yang mulia pernah salat bermakmum kepada Ibnu Abi 'Ubaid, padahal dia adalah seorang tersangka yang mulhid dan dikabarkan mengajak kepada kesesatan.

Jadi secara fikih, salat menjadi makmum di belakang seseorang yang sah salatnya, adalah dibolehkan dan sah juga hukumnya. Namun kalau berbicara tentang pilihan mana yang sebaiknya dilakukan, tentu saja lebih tidak bermakmum kepada orang yang fasik atau munafik.

Para ulama tidak melarang tetapi hanya memakruhkan saja. Artinya, kalau secara hukum, salat itu tetap sah. Tetapi kalau bicara masalah fadhilah (keutamaan), maka sebaiknya yang jadi imam adalah orang yang lebih baik lagi.

Wallahu A`lam Bish-shawab, Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. [Ahmad Sarwat, Lc.]




Sumber: inilah.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Awas, Orang Munafik jangan Dijadikan Imam Salat

Tag: News



Kekurangan Pembayaran PBI Bisa Dipenuhi dengan APBN Tahun Berjalan - Gudang Berita Viral Kekurangan Pembayaran PBI Bisa Dipenuhi dengan APBN Tahun Berjalan
Selasa, 12 Nov 2019, 13:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali
Divonis 1 Tahun 5 Bulan, Pelawak Qomar Ajukan Banding - Gudang Berita Viral Divonis 1 Tahun 5 Bulan, Pelawak Qomar Ajukan Banding
Selasa, 12 Nov 2019, 13:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali
Hadapi Bonus Demografi, Mendagri Tito: Indonesia Butuh SDM Unggul - Gudang Berita Viral Hadapi Bonus Demografi, Mendagri Tito: Indonesia Butuh SDM Unggul
Selasa, 12 Nov 2019, 13:00:13 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print