Minggu, 17 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 17:00:12 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Asyik, Bisa Baca Buku di MRT Jakarta - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluncurkan ruang membaca buku di di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Selain itu, Anies juga mengkampanyekan #RuangBacaJakarta. Hal ini dilakukan untuk mengajak masyarakat ibu kota kembali gemar membaca.

Menurut Anies, kegiatan merupakan sebuah gerakan yang mengajak masyarakat untuk membaca di ruang-ruang publik. “Saya tadi baca buku kisah kisah inspiratif, kumpulan dari kantor berita Antara. Jadi kita hari ini meluncurkan ruang baca buku di stasiun MRT. Tadi kita mulai di stasiun Bundaran HI dan sekarang kita di Lebak Bulus, di sini juga ada,” terang Anies seperti dikutip dari siaran pers PPID DKI Jakarta, Minggu (3/11).



Anies menjelaskan tujuan gerakan #RuangBacaJakarta adalah meningkatkan literasi masyarakat. Fasilitas ruang membaca buku yang telah dihadirkan di tengah padatnya aktivitas masyarakat Ibu Kota diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk gemar membaca.

“Tujuan kita adalah membangun gerakan baca buku kita menyadari pentingnya literasi bagi semua masyarakat. Apalagi di kota seperti Jakarta di mana kita menjadi bagian dari kota global untuk bisa maju berkembang maka warga harus bisa menjadi warga yang memiliki tingkat literasi tinggi. Salah satunya adalah dengan kegemaran membaca,” paparnya

Pihak MRT Jakarta menyediakan rak-rak buku di setiap stasiun yang bisa dibaca penumpang yang menaiki MRT Jakarta dan dapat dikembalikan di stasiun tujuan.

“Kenapa ini penting? Kita ingin agar membaca menjadi kebiasaan waktu longgar untuk membaca. Dan di perjalanan, itu kesempatan bagi kita baca bacaan ringan seperti ini yang tadi saya baca ini bukan bacaan panjang karena ini kumpulan cerita pendek,” tambahnya.

Terkait distribusi buku, Anies memperbolehkan masyarakat yang ingin menyumbangkan bukunya ke pihak MRT. “Kita sambut baik kalau masyarakat mau menyumbangkan buku tapi pesan saya sumbang bukunya yang memang bisa leluasa dibaca pada waktu pendek karena durasi peminjaman sebentar,” pesannya.

Anies berharap nantinya gerakan #RuangBacaJakarta menular ke ruang publik atau fasilitas umum di Jakarta. “Kita berharap nantinya di berbagai tempat di Jakarta, termasuk halte bus kita akan dorong lebih banyak rak buku untuk masyarakat baca,” tandasnya.

Buku akan dipinjamkan dari stasiun pertama yang penumpang naiki, dan akan dikembalikan di stasiun tujuan. Buku juga disediakan di dalam tap area, sehingga hanya penumpang yang sudah melakukan tap saja yang bisa mengakses buku tersebut.

Kemudian, karena durasi naik kereta yang sebentar, buku yang disediakan pun tidak berukuran tebal. Direktur Utama PT MRT, William Sabandar menjelaskan, durasi waktu 30 menit dinilainya cukup untuk membaca buku ringan yang sudah disediakan.

“Yang kedua yang MRT akan lakukan adaah menyiapkan yang namanya micro library yang sedang kita siapkan akan ditempatkan di Stasiun Dukuh Atas nanti di bawah Jalan Kendal,” tutur William.
William menambahkan, nantinya masyarakat juga bisa menyumbangkan buku untuk ditambahkan ke dalam koleksi ruang baca stasiun MRT.

“Di setiap stasiun ada drop box yang tadi sudah dicontohkan Pak Gubernur. Dan memang drop box-nya kelihatannya tidak besar karena yang kita sarankan itu buku-buku tipis ya, buku-buku kecil, supaya mudah dibaca dalam satu kali perjalanan,” ucapnya.

Selain itu, pihak MRT juga akan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional untuk meluncurkan digital book di awal tahun 2020.

“Selain gerakan baca buku yang sifatnya tadi buku fisik, juga akan ada yang namanya digital book. Jadi itu yang akan kita kerjasamakan dengan Perpustakaan Nasional, semuanya sedang jalan,” ujar dia mengakhiri.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Asyik, Bisa Baca Buku di MRT Jakarta

Tag: News



Waspadai Diabetes pada Anak-anak, Kenali Gejalanya - Gudang Berita Viral Waspadai Diabetes pada Anak-anak, Kenali Gejalanya
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cak Nun: Milenial Harus Seimbangkan Ilmu Pengetahuan dan Agama - Gudang Berita Viral Cak Nun: Milenial Harus Seimbangkan Ilmu Pengetahuan dan Agama
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Musik Patrol Jember: Manfaatkan Kenong sebagai Tanda Pemanggil Merpati - Gudang Berita Viral Musik Patrol Jember: Manfaatkan Kenong sebagai Tanda Pemanggil Merpati
Minggu, 17 Nov 2019, 17:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print