Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 01:00:05 WIB, 15 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 AS Kurangi Investasi Bakal Sulitkan Eropa  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, London  - Eropa akan lebih rentan terhadap "rasa sakit" ekonomi jika pemerintah Trump memutuskan untuk terus maju dengan investasi AS mengekang China, kata para analis.

Beberapa outlet berita baru-baru ini melaporkan bahwa Gedung Putih sedang mempertimbangkan untuk membatasi ikatan investasi antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Opsi yang dipertimbangkan dianggap termasuk menghapus saham Tiongkok dari bursa AS dan membatasi investasi dana pensiun pemerintah di pasar Tiongkok.



Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Greg Shuang mengatakan kepada wartawan awal pekan ini bahwa setiap tindakan delisting akan "membahayakan kepentingan perusahaan dan orang-orang China dan Amerika, menciptakan gejolak di pasar keuangan, dan membahayakan perdagangan global dan pertumbuhan ekonomi," menurut Reuters.

"Jika ancaman ini berubah menjadi tindakan, risiko bagi Eropa adalah bahwa kekhawatiran perang perdagangan yang terus meningkat dapat mendorong penurunan lebih lanjut dalam yuan," kata Constantine Fraser, analis politik Eropa di kelompok riset TS Lombard, seperti mengutip cnbc.com

"Itu berarti permintaan yang lebih rendah dari Cina, dan dari seluruh dunia juga - dan lebih banyak rasa sakit bagi ekonomi Eropa yang sangat bergantung pada ekspor."

Clete Willems, mantan pejabat tinggi perdagangan Gedung Putih yang menjabat sebagai wakil direktur Dewan Ekonomi Nasional, mengatakan kepada CNBC awal pekan ini bahwa memotong aliran uang antara Washington dan Beijing adalah ide yang patut dipertimbangkan.

Namun, dia mengingatkan langkah seperti itu bisa menjadi bumerang jika tidak dilakukan dengan benar.

Agathe Demarais, direktur peramalan global di Economist Intelligence Unit (EIU) mengatakan kepada CNBC melalui email bahwa dia mengharapkan AS "untuk bergerak maju dengan sanksi yang menargetkan perusahaan dan bank China."

"Komponen ekstra teritorial dari sanksi AS, yang berarti bahwa semua perusahaan di seluruh dunia harus menghentikan transaksi bisnis mereka dengan entitas yang diberi sanksi jika mereka menggunakan dolar AS, berarti bahwa langkah ini akan memutuskan hubungan bank-bank ini dengan mitra internasional mereka."

"Jika bank internasional gagal memutuskan hubungan ini, mereka pada gilirannya bisa menghadapi denda mencapai miliaran dolar AS," kata Demarais.

Penasihat ekonomi Gedung Putih, Peter Navarro dan Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell, keduanya menolak laporan tentang kemungkinan pembatasan investasi AS terhadap China.

Asisten Menteri Keuangan AS untuk urusan publik juga mengatakan dalam sebuah pernyataan pada akhir pekan bahwa “pemerintah tidak bermaksud memblokir perusahaan-perusahaan China dari pencatatan saham di bursa saham A.S. saat ini. Kami menyambut investasi di Amerika Serikat. "
Pembicaraan perdagangan

Langkah yang dilaporkan dilihat oleh banyak investor sebagai upaya untuk mendapatkan pengaruh dalam pembicaraan perdagangan AS-China mendatang.

Washington dan Beijing telah memberlakukan tarif pada barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen.

Perang perdagangan AS-Tiongkok yang sedang berlangsung telah membayangi prospek pertumbuhan global, pada saat Eropa dipandang hampir jatuh ke dalam resesi.

Fraser TS Lombard mengatakan bahwa kemungkinan pembicaraan yang dipimpin AS tentang pembatasan investasi terhadap China "sebagian besar diposisikan" menjelang pembicaraan perdagangan tingkat menteri.

"Setiap langkah untuk menghapus daftar China akan merugikan AS juga, dan dengan Trump membutuhkan kesepakatan pada tahap ini lebih dari Cina, ukuran penurunan adalah hasil yang lebih mungkin untuk perundingan," kata Fraser.

Negosiator perdagangan top dari AS dan China akan bertemu di Washington pada 10 Oktober dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan.




Sumber: inilah.com

Tag: News



Menlu Retno Marsudi: Kita Bisa Berdiri Tegak dan Bermartabat - Gudang Berita Viral Menlu Retno Marsudi: Kita Bisa Berdiri Tegak dan Bermartabat
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pakai MediaTek, Xiaomi Pede Redmi Note 8 Pro Tetap Diminati - Gudang Berita Viral Pakai MediaTek, Xiaomi Pede Redmi Note 8 Pro Tetap Diminati
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pasar Berharap Tim Ekonomi Jokowi Diisi Orang-orang Usia 41-50 Tahun - Gudang Berita Viral Pasar Berharap Tim Ekonomi Jokowi Diisi Orang-orang Usia 41-50 Tahun
Sabtu, 19 Okt 2019, 17:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print