Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 14:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Arab Saudi Makin Ambisius Adakan Ajang Olahraga Kelas Dunia - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com-Bertempat di Savoy Hotel, London 12 Agustus lalu, Eddie Hearn, Managing Director Matchroom Sport sekaligus promotor petinju kelas berat Inggris, Anthony Joshua membuat pengumuman penting. Secara resmi dia menyiarkan bahwa rematch Joshua dengan petinju Meksiko Andy Ruiz Jr digelar pada 7 Desember mendatang.

Ini akan menjadi duel tinju terakbar di penghujung tahun. Semua mata pecinta tinju akan tertuju kepada laga perebutan sabuk juara dunia kelas berat versi empat badan tinju dunia berbeda WBA, IBF, WBO, dan IBO tersebut.



Namun, dalam pengumuman itu ada yang membuat kaget. Yakni terkait venue pertarungan. Hearn memutuskan memilih Diriyah, Arab Saudi. Padahal, prediksi sebelumnya bakal dihelat di London atau Las Vegas.

”Kita semua memiliki kewajiban mengembangkan olahraga ini di area baru. Dan bagi saya, keputusan ini juga akan mengubah wajah tinju selamanya,” ucap Hearn dilansir Arab News dalam konfrensi pers tersebut.

Pengumuman ini lantas menjadi perbincangan hangat. Bagaimanapun, memang sulit membayangkan event tinju yang selama ini lekat dengan kehidupan glamor dunia malam Las Vegas digelar di Arab Saudi. Yakni negara Islam konservatif yang selama ini dikenal menentang acara-acara olahraga maupun hiburan ala barat.

Usut punya usut, ini masih berkaitan dengan arahan putra mahkota negara tersebut yakni Mohammed bin Salman. Pada November 2016 lalu, putra Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud itu menginstruksikan langsung kepada Kementerian Olahraga Saudi Arabia, General Sports Authority (GSA) untuk membuat sebuah badan pembiayaan khusus olahraga. Tugasnya adalah mengembangan event-event besar di negara tersebut.

Ini bagian dari gerakan Vision 2030 yang diusung Salman. Di tahun tersebut, Arab Saudi bermimpi sudah menjadi negara modern yang tidak lagi hanya bergantung pada hasil penjualan minyak.

Olahraga akan menjadi salah satu jalan Arab Saudi menunjukkan kepada dunia bahwa mereka juga mampu membuat event-event kelas internasional. Untuk mewujudkannya, tidak tanggung-tanggung. Sumber koran Inggris The Guardian mengatakan Arab Saudi sudah secara aktif terus melobi badan-badan olahraga mayor Amerika Serikat. Termasuk NBA dan NHL (hoki).

Dalam lobi-lobi itu, Arab Saudi meminta badan-badan olahraga tersebut bisa menggelar event di negara mereka. Dan sejauh ini memang sudah ada yang membuahkan hasil.

Sejak awal 2017, event-event olahraga dunia silih berganti menyambangi Arab Saudi. Antara lain Formula E, Race of Championship (ROC), WWE, PGA European Tour Golf, sampai tinju.

Presiden GSA, Pangeran Abdul Aziz Bin Turki Al Faisal menyebutkan, strategi pengembangan event-event olahraga di negaranya ini telah melewati sebuah riset yang cukup panjang dan dilakukan oleh tenaga ahli internasional. ”Kami yakin strategi ini akan berdampak besar pada tata kelola serta profesionalitas praktik olahraga di negara kami pada tahun-tahun mendatang,” ucapnya dilansir Arabian Business.

Namun demikian, langkah Arab Saudi yang tergolong mendadak memberikan perhatian besar kepada olahraga ini tidak luput dari kritikan. Ada yang menyebut ini hanya cara mereka untuk cuci tangan alias membersihkan diri dari image negatif. Yakni sebagai sebuah negara yang kerap melanggar hak asasi manusia. Terutama pada perang Yaman yang disebut telah menewaskan banyak warga sipil.

Yang terbaru, ini juga disebut-sebut sebagai langkah menghilangkan jejak Pangeran Mohammed bin Salman yang kerap dikaitkan dengan kematiaan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada Oktober tahun lalu.

”Fokus orang-orang saat melihat olahraga di Arab Saudi adalah uang, kesenangan, dan glamor. Saat itu juga mereka mulai melupakan masalah-masalah yang dimiliki negara tersebut,” ucap Simon Chadwick, Direktur Center for Sport Business di Universitas Salford, Manchester, Inggris dilansir PRI.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum - Gudang Berita Viral Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi - Gudang Berita Viral Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final - Gudang Berita Viral Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print