Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 29 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Aplikasi Laut Nusantara Kini Dilengkapi Fitur Maps dan Chat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Laut Nusantara mendapat pembaruan versi 3. Aplikasi yang merupakan kerja sama XL Axiata dengan Badan Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini diklaim akan semakin memudahkan nelayan dalam mendapatkan lebih banyak ikan.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, sejak diluncurkan pertama pada 2018 lalu, aplikasi Laut Nusantara telah diunduh sebanyak 15 ribu kali dengan sebaran pengguna di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan. “Kini fitur terbaru pada update aplikasi Laut Nusantara versi 3 ini akan semakin membantu nelayan saat menangkap ikan,” kata Yessie di Bali, (29/8).



Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Sjarief Widjaja mengungkapkan, produktivitas nelayan yang menggunakan aplikasi Laut Nusantara meningkat signifikan. “Jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan aplikasi ini, kenaikan hasil tangkap secara rata-rata bisa sampai dua kali lipat. Hal ini tidak mengherankan karena dengan menggunakan aplikasi Laut Nusantara, nelayan bisa langsung mengetahui lokasi keberadaan ikan dengan lebih pasti,” jelasnya.

Sjarief menyebut, fitur yang menunjukkan lokasi keberadaan ikan ini didukung oleh data dan teknologi dari BROL. Data yang disajikan berdasarkan citra satelit dikatakan up to date, sehingga sangat efektif untuk mendeteksi keberadaan ikan.

Selain fitur yang mampu menunjukkan lokasi keberadaan ikan, rata-rata nelayan pengguna aplikasi Laut Nusantara juga memanfaatkan panduan keselamatan melaut. Panduan ini berupa data-data perkiraan cuaca, terutama mengenai kecepatan dan arah angin, juga tinggi gelombang.

Sementara untuk fitur terbaru, Laut Nusantara versi 3 dilengkapi fitur maps untuk membantu nelayan dalam menentukan rute perjalanan, navigasi laut, aspek keselamatan, dan pelaporan akurasi data perikanan. Fitur yang paling baru adalah navigasi ke titik tangkapan ikan.

Fitur ini seperti penunjuk jalan yang aman menuju lokasi ikan dengan mempertimbangkan keberadaan karang dan berbagai penghalang di laut. Fitur ini akan sangat berguna bagi nelayan yang melakukan pekerjaannya di malam hari yang gelap. Terlebih lagi tidak semua karang atau pulau kecil dilengkapi dengan mercusuar.

Fitur baru selanjutnya adalah panggilan darurat. Dengan fitur ini, nelayan bisa mengirimkan informasi kondisi darurat atau SOS yang dihadapinya kepada admin Laut Nusantara melalui fitur chat. Admin Laut Nusantara selanjutnya akan meneruskan informasi ini kepada pihak berwenang dalam keselamatan di laut, juga kepada nelayan lain yang ada di sekitar lokasi.

Fitur-fitur lainnya berupa tanya jawab mengenai hal-hal yang paling sering ditanyakan dalam penggunaan aplikasi Laut Nusantara, satelit view, serta review dari nelayan mengenai akurasi data lokasi keberadaan ikan.

Sementara itu, perwakilan nelayan dari desa-desa sekitar pesisir Kabupaten Jembrana, Bali, mengaku bahwa mereka bisa menangkap lebih banyak ikan dengan bantuan teknologi digital semisal aplikasi Laut Nusantara. Tidak hanya dua kali lipat, mereka mengaku mendapat lebih banyak dari itu.

Rustam Adjie, seorang nelayan dari Banyuwangi yang biasa mencari ikan di perairan selat Bali menyebut bahwa dirinya bisa menangkap lebih banyak ikan sejak menggunakan aplikasi tersebut. “Lebih dari dua kali lipat malahan. Sayang saya hanya punya perahu jukung kecil. Sebelum pakai aplikasi paling hanya dua ember ikan. Tapi sekarang bisa 100-200 Kg ikan bisa dapat,” kisahnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil - Gudang Berita Viral Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib  - Gudang Berita Viral Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?  - Gudang Berita Viral AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print