Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 10 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Apakah Kamu Tak Berkurban Esok Hari?  - Gudang Berita Viral

PARA ulama berbeda pendapat tentang hukumnya, ada yang mengatakan wajib bagi yang memiliki kelapangan rezeki, ada pula yang mengatakan sunah mu’akadah, dan inilah pendapat mayoritas sahabat, tabi’in, dan para ulama.

Ulama yang mewajibkan berdalil dengan hadis berikut, dari Abu Hurairah Radhiallhu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan dia tidak berkurban, maka jangan dekati tempat salat kami.”



Mengomentari hadits ini, berkata Imam Amir Ash Shan’ani Rahimahullah:

“Hadis ini dijadikan dalil wajibnya berkurban bagi yang memiliki kelapangan rezeki, hal ini jelas ketika Rasulullah melarang mendekati tempat salat, larangan itu menunjukkan bahwa hal itu merupakan meninggalkan  kewajiban, seakan Beliau mengatakan salatnya tidak bermanfaat jika meninggalkan kewajiban ini. Juga karena firmanNya: “maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Dalam hadis Mikhnaf bin Sulaim secara marfu’ (sampai kepada Rasulullah) berbunyi: “(wajib) atas penduduk setiap rumah pada tiap tahunnya untuk berkurban.” Lafaz hadis ini menunjukkan wajibnya. Pendapat yang menyatakan wajib adalah dari Imam Abu Hanifah.

Sementara yang tidak mewajibkan, menyatakan bahwa dua hadis di atas tidak bisa dijadikan hujjah (dalil), sebab yang pertama mauquf  (hanya sampai sahabat nabi, bukan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam), hadis kedua dha’if. Sedangkan ayat Fashalli li Rabbika wanhar, tidak bermakna wajib kurban melainkan menunjukkan urutan aktifitas, yakni menyembelih kurban dilakukan setelah salat Id.

Berikut keterangan dari Imam Ash Shan’ani:

“Dikatakan: Tidak wajib, karena hadis pertama adalah mauquf dan tidak bisa dijadikan hujjah (dalil). Hadits kedua (dari Mikhnaf bin Sulaim) dhaif karena dalam sanadnya ada Abu Ramlah. Berkata Imam Al Khathabi: “Dia itu majhul (tidak dikenal).” Sedangkan firmanNya: “…berkurbanlah.” adalah tentang penentuan waktu penyembelihan setelah salat.

Telah diriwayatkan oleh Abu Hatim, Ibnu Syahin di dalam sunan-nya, Ibnu Mardawaih, dan Al Baihaqi dari Ibnu Abbas dan di dalamnya terdapat beberapa riwayat dari sahabat yang seperti ini, yang menunjukkan bahwa menyembelih kurban itu dilakukan setelah salat (‘Ied). Maka ayat itu secara khusus menjelaskan tentang waktu penyembelihnnya, bukan menunjukkan kewajibannya.

Seolah berfirman: Jika engkau  menyembelih maka (lakukan) setelah salat ‘Ied. Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari Anas: “Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah menyembelih sebelum salat Id, lalu Beliau diperintahkan untuk salat dulu baru kemudian menyembelih.” Maka nyatalah kelemahan alasan mereka yang mewajibkannya.

Sedangkan, mazhab jumhur (mayoritas) dari sahabat, tabi’in, dan ahli fiqih, bahwa  menyembelih qurban adalah sunah mu’akkadah, bahkan Imam Ibnu Hazm mengatakan tidak ada yang sahih satu pun dari kalangan sahabat yang menunjukkan kewajibannya.”

Seandainya hadis-hadis di atas sahih, itu pun tidak menunjukkan kewajibannya. Sebab dalam riwayat lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Jika kalian memasuki tanggal 10 (Dzulhijjah) dan hendak berkurban maka janganlah dia menyentuh sedikit pun dari rambutnya dan kulitnya.”

Hadis tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa berkurban itu terkait dengan kehendak, manusianya oleh karena itu Imam Asy Syafi’i menjadikan hadis ini sebagai dalil tidak wajibnya berkurban alias sunah.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili Hafizhahullah mengatakan, "Wajib berqurban sekali dalam setahun menurut Abu Hanifah, dan menurut mayoritas imam adalah sunah muakadah."

Hadis lainnya, “Aku diwajibkan untuk berkurban, namun tidak wajib bagi kalian.” Tetapi hadis ini didhaifkan para ulama seperti Syaikh Al Albani. Juga  Syaikh Syu’aib Al Arna’uth. Tertulis dalam Al Mausu’ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah:

Berqurban adalah fardu (wajib) atas Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tidak bagi umatnya. Berdasarkan hadis dari Ibnu Abbas yang telah lalu: ada tiga hal yang diwajibkan kepada diriku, namun bagi kalian adalah sunah: berqurban, witir, dan dua rakaat huha.

Hadis yang disebutkan ini diriwayatkan oleh  Ahmad No. 2050. Ad Daruquthni dalam Sunannya, 2/21. Al Hakim dalam Al Mustadrak, 1/300. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 4248. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1119, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 4573, Abu Nu’aim dalam Hilayatul Auliya, 9/232.

[baca lanjutan]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Berbagai Ekspresi Wajah Kate Middleton Saat Menonton Pertandingan - Gudang Berita Viral Berbagai Ekspresi Wajah Kate Middleton Saat Menonton Pertandingan
Minggu, 25 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Persebaya Bisa Pulangkan Satu Pemain Timnas Saat Lawan Bhayangkara FC - Gudang Berita Viral Persebaya Bisa Pulangkan Satu Pemain Timnas Saat Lawan Bhayangkara FC
Minggu, 25 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dochi Pee Wee Gaskin, Dari Anak Band Sukses Berbisnis Kaos dan Kuliner - Gudang Berita Viral Dochi Pee Wee Gaskin, Dari Anak Band Sukses Berbisnis Kaos dan Kuliner
Minggu, 25 Agu 2019, 15:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print