Minggu, 15 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 15:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Apabila Rasulullah Berkhotbah...  - Gudang Berita Viral

SALAH satu kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menyampaikan mukadimah khotbah adalah mengakhiri mukadimah itu dengan kalimat “amma ba’du”. Diantara dalilnya, hadis dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan,

"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila berkhotbah, beliau memerah matanya, lantang suaranya, terlihat sangat marah, seolah beliau sedang memberi orientasi pasukan perang… beliau mengatakan, “Amma ba’du, sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, dan seburuk-buruk perkara agama adalah bid’ah dalam agama. Karena semua bid’ah adalah sesat.” (HR. Muslim 2042).



Shiddiq Hasan Khan mengatakan, "Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan “amma ba’du”. Secara tekstual, beliau merutinkan kalimat ini dalam semua khotbahnya. Dan itu diucapkan setelah memuji Allah dan tasyahud." (al-Ajwibah an-Nafi’ah, hlm. 55)

Kata "Amma Ba’du” sering diartikan dengan: “adapun selanjutnya”. Kalimat ini disebut (kalimat pemisah). Kalimat ini digunakan untuk memisahkan mukadimah dengan isi dan tema khotbah.

Ini merupakan bagian dari perhatian seseorang terhadap ceramah yang disampaikan. Demikian keterangan Syekh Ibnu Utsaimin dalam Asy-Syarhul Mumthi’, (1/7).

Diriwayatkan dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu bahwa beliau mengatakan, “Orang yang pertama kali mengucapkan ‘amma ba’du’ adalah Nabi Daud ‘alaihis salam, dan itu adalah fashlal khitab.” (Al-Awail Ibni Abi Ashim, no. 188; Al-Awail Ath-Thabrani, no. 40)

Allah berfirman, “Kami kuatkan kerajaannya serta Kami berikan ilmu dan fashlul khitab.” (QS Shad: 20)

Ada juga yang berpendapat lain, siapa yang pertama kali mengucapkan kalimat ini. Al-Hafidz Ibnu Hajar menyebutkan beberapa nama orang yang dianggap pertama kali mengucapkan kalimat ini. Diantaranya: Nabi Ya’qub ‘alahis salam, berdasarkan riwayat ad-Daruquthni; Ya’rib bin Qahthan; Ka’ab bin Luai; Qais bin Saidah; Subhan.

Namun yang makruf, orang pertama yang mengatakannya adalah Nabi Daud ‘alaihi salam. Allahu a’lam. [Ustadz Ammi Nur Baits]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Riau Paling Tidak Sehat - Gudang Berita Viral Dampak Karhutla, Kualitas Udara di Riau Paling Tidak Sehat
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Seluruh Kloter Sudah Tinggalkan Saudi - Gudang Berita Viral Seluruh Kloter Sudah Tinggalkan Saudi
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali
Prilly Latuconsina Ketempelan Makhluk Halus dan Sakit-sakitan - Gudang Berita Viral Prilly Latuconsina Ketempelan Makhluk Halus dan Sakit-sakitan
Minggu, 15 Sep 2019, 17:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print