Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 30 Agu 2019, 19:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Angkat Tema Keberagaman, Tepis Isu SARA - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com- “Saya Untag Surabaya, Saya Indonesia!” teriak 3226 mahasiswa baru Untag Surabaya secara serempak. Isu mengenai Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) merupakan hal yang saat ini cukup sensitif untuk dibicarakan. Namun, sebagai kampus miniatur Indonesia, Untag Surabaya mengangkat tema tersebut dalam kegiatan penutupan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020.

Sebelum upacara pengukuhan dimulai, musikalisasi puisi bertema “Keberagaman Merah Putih” dibawakan oleh 8 perwakilan mahasiswa baru. Nurul Isniati, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Akuntansi membacakan puisi berjudul “Aku Melihat Indonesia”. Mengenakan baju adat daerah Jambi, Nurul membacakan puisi karya presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Disambung dengan nyanyian dari 7 mahasiswa baru lain dengan lagu nasionalisme berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa” dan “Indonesia Pusaka”. Ketujuh mahasiswa itu juga mengenakan baju adat.



Berlari dari barisan mahasiswa baru, 12 mahasiswa perwakilan dari beberapa daerah yang ada di Indonesia meneriakkan satu kalimat yang sama menggunakan bahasa daerah masing-masing. “An Wamena nen An Papua! An Untag!” ujar Hubigelois Logo, mahasiswa baru Untag Surabaya yang berasal dari Wamena, Papua. Ia menjadi mahasiswa terakhir yang meneriakkan kalimat asal daerah masing-masing dengan mengibarkan bendera merah putih. Bergandengan tangan, kesemuanya meneriakkan kalimat yang sama, “kita Untag Surabaya, kita Indonesia!”.

“Untag Surabaya adalah Kampus Nasionalis yang Bhinneka Tunggal Ika. Terbukti dengan mahasiswa baru yang terdaftar berasal dari penjuru nusantara. Dengan keadaan yang kerap terjadi sekarang, kami berharap mahasiswa baru dapat menjaga persatuan dan perdamaian serta toleransi yang tinggi,” tegas Rektor Untag Surabaya-Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., dalam sambutannya.

Rampok Sampah Plastik Sebagai Wujud Peduli Lingkungan

PKKMB Untag Surabaya menjadi salah satu rangkaian kegiatan Untag Surabaya selama bulan Agustus. Kampus yang berdiri sejak Agustus 1958 itu memperingati bulan peringatan dies natalis dengan berbagai kegiatan. Pada awal bulan Agustus (4/8), Untag Surabaya berkolaborasi dengan UN Habitat, Nol sampah, EQWIP HUBs Canada dan Sekolah Alam Insan Mulia mengadakan kegiatan peduli lingkungan bertajuk “Sustainable Business” di Kebun Binatang Surabaya. Sebagai universitas yang meraih predikat Eco Campus, Untag Surabaya mencoba untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dengan pengkayaan wawasan terkait kepedulian lingkungan.

Rektor Untag Surabaya, Dr MulyantoNugroho MM CMA CPA bersama pengurus YPTA Surabaya J. Subekti SH MM dalam dies natalis ke-61 Untag Surabaya. (Dok.Humas Untag Surabaya)

Tema Sustainable Business sendiri bukan merujuk pada kegiatan yang berhubungan dengan dunia bisnis, melainkan diartikan sebagai kegiatan sehari-hari yang berkelanjutan. Dr. Ir. Retno Hastijanti, M.T., selaku koordinator acara menuturkan, “tema ini menekankan pada hal yang berkelanjutan, pada lingkungan hidup. Jadi semacam kegiatan yang dapat memberi manfaat berkelanjutan pada lingkungan dari generasi satu ke yang lain.”Dalam kegiatan yang juga disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom yang memungkinkan diakses dari jarak jauh, Untag Surabaya juga melakukan kegiatan “Rampok Sampah Plastik”, yakni mengganti kantong plastik yang dipakai oleh pengunjung, dengan tas eco-friendly.

Undang Sutradara Hollywood, Livi Zheng

“Patriot Merah Putih” menjadi grand tema kegiatan Untag Surabaya selama bulan Agustus, yang kemudian turut diulas oleh produser kenamaan, Livi Zheng. Livi Zheng telah mengharumkan nama Indonesia di kancah perfilman internasional. Ia adalah produser, sutradara, penulis latar, aktris dan juga pemeran pengganti asal Indonesia yang berkarier di Hollywood.Dalam karya-karyanya, Livi Zheng berusaha memperkenalkan dan menampilkan budaya Indonesia di kancah Internasional.

Dalam kuliah tamu yang bertajuk “True Patriotism in Screen: Bring Indonesia to the World View”, Livi menuturkan, lewat film karyanya, seluruh dunia diharapkan bisa mengenal keindahan Indonesia. “Meski saya tidak di Indonesia, saya mencoba selalu mempresentasikan Indonesia ke banyak orang,” ujar penggemar Bruce Lee itu. Ditambahkan oleh Livi, generasi muda harus memiliki jiwa daya juang. “Yang terpenting dari jiwa patriotis adalah ngga boleh baperan. Boleh sedih atas kegagalan namun maksimal hanya 3 jam setelah itu harus move on,” pungkas Livi.

Kegiatan yang terlaksana pada Kamis (8/8) itu dihadiri oleh 600 peserta yang terdiri dari siswa SMP, SMA, dan Mahasiswa dibawah naungan Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya.
Peringati Dies Natalis ke-61 dengan Adakan Open House

Satu hari lebih awal dari tanggal 17 Agustus, Untag Surabaya melangsungkan Open House dalam rangka Dies Natalis Untag Surabaya ke-61 tahun. Pada momen yang terlaksana pertama kali ini, Untag Surabaya mengundang beberapa kolega atau mitra kerja.

“Alhamdulillah, puji syukur bagi Tuhan yang Maha Esa. Esok hari, tepat pada peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, Untag Surabaya akan bertambah usia menjadi 61 tahun,” ujar Rektor Untag Surabaya-Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. Dari waktu ke waktu, Untag Surabaya terus berbenah dan meningkatkan kualitas dengan tetap berpegang pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nugroho mengapresiasi adanya banyak perubahan baik pada 61 tahun Untag Surabaya berkat kerjasama semua pihak.

PERKAYA WAWASAN: Sebanyak 3.441 mahasiswa baru Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya saat penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. (Dok.Humas Untag Surabaya)

Dalam momen ini, Nugroho menyebutkan beberapa capaian Untag Surabaya. Pada Desember 2018, Untag Surabaya telah resmi terakreditasi A oleh BAN-PT. Selain itu, setelah menyandang predikat sebagai Eco Campus pada tahun yang sama, Untag Surabaya terus mengkampanyekan aktivitas peduli lingkungan. Oleh karena beberapa pencapaian tersebut, keinginan masyarakat untuk menjadi bagian dari keluarga besar Untag Surabaya sangat besar. Terbukti dengan jumlah calon mahasiswa baru menembus angka hampir 3500.“Hal tersebut merupakan kado terbaik dan terindah bagi Untag Surabaya. Sekali lagi, capaian ini berkat kerjasama seluruh sivitas akademika,” tutur Nugroho.

Rangkaian agenda Untag Surabaya dibulan Agustus akan ditutup dengan Jalan Sehat bertajuk Fun Walk “Mantul: Memang Untag Surabaya Unggul.” Kegiatan dibuka dengan senam sehat dan berjalan santai mengelilingi daerah Semolowaru. Warga sekitar kampus serta mahasiswa baru Untag Surabaya juga turut diundang dalam kegiatan yang ditutup dengan bagi-bagi hadiah itu.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita  - Gudang Berita Viral Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini  - Gudang Berita Viral Jakarta Cerah Berawan Sepanjang Hari Ini
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed  - Gudang Berita Viral Harga Emas Naik Harapkan Kabar Baik dari Fed
Rabu, 18 Sep 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print