Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 18:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Angka Inflasi Tahunan Terkendali - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Merosotnya harga komoditas pangan berdampak pada capaian indeks harga konsumen (IHK) September. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa bulan lalu terjadi deflasi 0,27 persen. Bulan sebelumnya, IHK mencatatkan inflasi 0,12 persen.

Kepala BPS Suhariyanto menyebut merosotnya harga bahan pangan, terutama komoditas tumbuh-tumbuhan atau hortikultura, sebagai penyebab deflasi. Komoditas lain yang ikut memicu deflasi adalah daging ayam ras dan telur ayam ras.



“Berdasar kelompok pengeluaran, deflasi hanya terjadi pada bahan makanan. Inflasi tertinggi 0,72 persen terjadi pada sandang,” ujar pria yang biasa dipanggil Kecuk tersebut di kantor pusat BPS Jakarta Selasa (1/10).

Bahan pangan yang menjadi penyumbang deflasi adalah cabai merah, bawang merah, daging ayam ras, cabai rawit, dan telur ayam ras. Komoditas yang menyumbangkan inflasi pada periode yang sama adalah beras dan emas.

“Harga emas sedang booming. Kenaikan harga emas sumbang inflasi 0,04 persen,” jelas Kecuk.

Dia mengungkapkan bahwa kenaikan harga emas perhiasan terjadi pada 78 kota IHK. Kenaikan tertinggi terjadi di Cirebon 10 persen dan Surakarta sekitar 9 persen.

Jika dilihat secara komponen, kelompok harga bergejolak mengalami deflasi 0,44 persen. Inflasi inti masih bergerak 0,17 persen yang mengindikasikan bahwa deflasi tidak disebabkan penurunan daya beli masyarakat.

Dengan begitu, capaian itu mengakibatkan inflasi secara tahunan (year-on-year) tercatat 3,39 persen. Angka tersebut disebut Kecuk masih terkendali. “Kami harapkan inflasi tiga bulan terakhir terkendali meski mengantisipasi pada Desember nanti ada kenaikan permintaan saat libur sekolah, persiapan Natal, dan tahun baru,” katanya.

Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana menyatakan, deflasi September yang berada pada level -0,27 persen secara month-to-month (mtm) dan 3,39 persen secara tahunan lebih rendah daripada ekspektasi. Pemicunya, harga makanan pokok yang turun.

“Sementara inflasi inti masih berada di jalur uptrend, naik menjadi 3,32 persen yoy jika dibandingkan dengan Agustus 3,30 persen,” papar Wisnu.

Dia menambahkan, secara keseluruhan, inflasi masih berada dalam kisaran yang ditargetkan Bank Indonesia (BI). Yakni, 2,5–4,5 persen. Beberapa risiko inflasi yang baru muncul terbukti tidak berumur panjang.

Misalnya, harga minyak dan emas. Pihaknya tidak melihat inflasi sebagai satu-satunya faktor yang dapat mengubah arah kebijakan BI.

“Kita berharapnya BI menahan suku bunga acuan bulan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Jatim mencatat deflasi 0,07 persen pada September. Penyebabnya masih sama, yaitu penurunan harga bahan pangan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim Teguh Pramono menyebutkan bahwa kelompok bahan makanan mengalami deflasi tertinggi 1,11 persen. Pada September lalu, harga daging ayam ras mengalami penurunan. Begitu pula harga telur ayam ras.

Sama dengan bulan sebelumnya, bawang merah masih menjadi komoditas yang berkontribusi terhadap terjadinya deflasi. Selain tiga komoditas utama tersebut, ada beberapa komoditas yang berkontribusi terhadap terjadinya deflasi.

“Cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, hingga tarif angkutan udara,” terangnya.

Bukan hanya bahan makanan, kelompok lain yang juga menyumbang deflasi adalah transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan. “Yang menghambat deflasi, antara lain, biaya akademi/perguruan tinggi, emas perhiasan, dan beras,” jelas Teguh.

Delapan kota penghitungan angka inflasi mengalami deflasi. Deflasi tertinggi terjadi di Jember yang mencapai 0,29 persen. Deflasi terendah 0,02 persen terjadi di Surabaya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Rapor Merah Karhutla, Jokowi Diminta Buat KPK versi Lingkungan Hidup - Gudang Berita Viral Rapor Merah Karhutla, Jokowi Diminta Buat KPK versi Lingkungan Hidup
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 1 Kali
Periode Kedua Jokowi, Tetap Fokus di Infrastruktur - Gudang Berita Viral Periode Kedua Jokowi, Tetap Fokus di Infrastruktur
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 1 Kali
Polisi Amankan ODGJ yang Mengaku Jadi Presiden - Gudang Berita Viral Polisi Amankan ODGJ yang Mengaku Jadi Presiden
Minggu, 20 Okt 2019, 19:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print