Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 30 Agu 2019, 15:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Aktivis Hongkong Joshua Wong Ditangkap Pihak Kepolisian - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kabar mengejutkan berembus dari Hongkong. Saat ancaman demonstrasi dari Hongkongers masih merebak, pihak kepolisian dikabarkan melakukan penangkapan terhadap salah satu aktivis terkenal pro-demokrasi Hongkong, Joshua Wong. Kabar itu disampaikan oleh partai Joshua bernaung yakni Partai Demosisto.

Dalam akun resmi Facebook Partai Demosisto, mereka mengungkapkan kabar tersebut. “Sekretaris Jenderal Partai Demosisto, Joshua Wong ditangkap sekitar pukul 7.30 pagi ini (Jumat, 30 Agustus) dalam perjalanan ke stasiun MTR South Horizons, ketika ida tiba-tiba didorong ke sebuah mobil di jalan. Dia sekarang telah ditahan di markas polisi di Wan Chai terkait tiga dakwaan. Kami akan terus memantau kejadian ini. Pengacara kami sedang menangani kasus ini,” sebut pernyataan resmi Partai Demosisto di laman resmi Facebook mereka.



Ternyata, tak hanya Joshua yang ditangkap kepolisian. Aktivis terkemuka lainnya, Agnes Chow, juga ditangkap pada Jumat (30/8) pagi ini.

Kedua aktivis itu ditahan atas dugaan menghasut orang lain untuk berpartisipasi dalam majelis yang tidak sah dan dengan sengaja mengambil bagian dalam majelis yang tidak sah. Sementara, Joshua menghadapi satu tuduhan lainnya yakni ikut mengorganisir majelis yang tidak sah. Hal itu disampaikan oleh polisi kepada BBC News Chinese.

Penangkapan Joshua dan Agnes seperti dilansir BBC terkait dengan unjuk rasa pada 21 Juni lalu. Saat itu para demonstran mengepung markas polisi di Hongkong selama 15 jam.

Wakil Juru Bicara Partai Demosisto, Isaac Cheng, memberikan keterangan pers terkait ditangkapnya Joshua Wong dan Agnes Chow. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)

Menariknya, penahanan kedua aktivis tersebut dilakukan sehari menjelang demonstrasi yang dijadwalkan pada akhir pekan ini dan akan menjadi pekan ke-13 berturut-turut terjadinya unjuk rasa. Polisi Hongkong telah menolak izin terkait aksi unjuk rasa akhir pekan ini dengan alasan masalah keamanan publik. Namun, para pengunjuk rasa diperkirakan akan tetap berkumpul.

Hingga saat ini, sekitar 900 orang telah ditangkap kepolisian Hongkong sejak demonstrasi dimulai pada awal Juni. Unjuk rasa di Hongkong dipicu oleh adanya RUU Estradisi yang dinilasi kontroversial.

Demonstrasi menuntut dicabutnya RUU yang sekarang ditangguhkan tersebut saat ini telah berkembang menjadi gerakan yang lebih luas menuntut reformasi demokrasi dan tuntutan penyelidikan atas dugaan kebrutalan polisi terhadap demonstran.

Joshua dikenal sebagai aktivis karena peran utamanya dalam demonstrasi 2014 yang dikenal sebagai Hongkong Umbrella Protests. Joshua sendiri baru saja dibebaskan dari penjara pada Juni lalu setelah menjalani masa hukuman terkait demonstrasi pada 2014.

Demonstrasi pada 2014 atau yang dikenal dengan Umbrella Protests merupakan perlawanan dari ribuan rakyat Hongkong yang menuntut untuk memilih pemimpinnya sendiri. Disebut Umbrella Protests karena dalam melakukan unjuk rasa, para demonstran menggunakan payung untuk melindungi diri dari semprotan merica yang ditembakkan oleh polisi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Makanan Tinggi Lemak Picu Reaksi Radang Berbeda pada Tiap Orang - Gudang Berita Viral Makanan Tinggi Lemak Picu Reaksi Radang Berbeda pada Tiap Orang
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Hanya Tiga Kali Rapat Langsung Sah, Formappi: Mereka Seperti Kesetanan - Gudang Berita Viral Hanya Tiga Kali Rapat Langsung Sah, Formappi: Mereka Seperti Kesetanan
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Wakil Ketua KPK Laode Minta Menkumham Yasonna Laoly Jangan Bohong - Gudang Berita Viral Wakil Ketua KPK Laode Minta Menkumham Yasonna Laoly Jangan Bohong
Rabu, 18 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print