Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 25 Sep 2019, 16:00:05 WIB, 317 View Tim Redaksi, Kategori : News
Aksi Demo Mahasiswa Diboncengi Hoax - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Seperti biasa, peristiwa besar selalu diikuti kabar hoax. Misalnya, aksi demo mahasiswa di berbagai daerah yang menolak pengesahan sejumlah RUU kontroversial beberapa hari terakhir. Tiba-tiba muncul kabar mahasiswa bernama Zainal meninggal setelah dipukuli polisi saat demo di gedung DPR.

Kabar itu dilengkapi kolase foto wajah seorang pemuda dan foto demonstran sedang diseret petugas kepolisian. “Innaa lillaahi Wa innaa ilayhi.rooji’uun. Adik mahasiswa (Zainal )yg demo di dpn Gedung DPR. smlm telah meninggal dunia akibat di pukulin ole polisi. Smoga Husnul khothimah adik. Knpa polisi tdk bs mengayomi rakyat nya. Dia bkn musuhmu. Dia adlh seorg mahasiswa yg sdg meminta keadilan,’’ tulis pemilik akun Facebook Yani Nur (fb.com/yani.nur.3538) kemarin (24/9).



Tentu saja kabar itu mengejutkan. Sebab, pemberitaan di berbagai media massa hingga kemarin belum menyebutkan adanya korban jiwa. Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono juga menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. ’’Nggak ada. Itu hoax. Situasi cukup kondusif,’’ ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos kemarin.

Saat ditelusuri, foto demonstran diamankan polisi yang disebut bernama Zainal itu merupakan kejadian lama. Pernah dimuat portal berita pontianak.tribunnews.com pada 30 September 2014 untuk pemberitaan tentang sikap HMI Ketapang yang menyesalkan tindakan anarkistis oknum aparat saat mahasiswa berunjuk rasa di depan gedung DPRD Kalbar. Anda dapat membacanya di bit.ly/DPRDKalbar2014.

Sementara itu, foto bagian atas pernah diunggah Tribunnews.com pada 22 September 2019. Pria itu adalah Ikhsan. Dia didampingi kuasa hukumnya saat memberikan kesaksian atas kasus meninggalnya Zainal yang diduga menjadi korban kekerasan oknum polisi di Polres Lombok Timur. Anda bisa membaca beritanya di bit.ly/DiLombokTimur.

Radar Lombok (Jawa Pos Group) juga memberitakan kasus penganiayaan tersebut. Judulnya, Polda Segera Tetapkan Tersangka Kematian Zainal. Berita yang terbit 14 September itu menjelaskan bahwa Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana berkomitmen untuk mengusut tuntas kematian Zainal Abidin.

Dikisahkan, Zainal hendak mengambil motor yang ditilang Satlantas Polres Lombok Timur. Namun, korban berbicara kasar dan sempat memukul petugas piket bernama Bripka Nuzul Huzaen. Pukulan itu langsung memicu perkelahian. ’’Melihat temannya dipukul, kemudian ada jiwa korsa yang timbul sehingga anggota yang lain ikut memukul,’’ ungkap Nana. Anda dapat membaca berita selengkapnya di bit.ly/TetapkanTersangka.

FAKTA

Kolase foto yang disebar akun Facebook Yani Nur tidak berkaitan dengan aksi demo di DPR kemarin. Satu foto tentang unjuk rasa mahasiswa di Kalbar pada 2014, satu lagi adalah saksi kasus penganiayaan di Lombok Timur.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Internet Jangkau Seluruh Indonesia di Akhir 2020 - Gudang Berita Viral Internet Jangkau Seluruh Indonesia di Akhir 2020
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
Tertutup, Berprofesi Sebagai Tukang Las dan Sering Terbangkan Drone - Gudang Berita Viral Tertutup, Berprofesi Sebagai Tukang Las dan Sering Terbangkan Drone
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
SM Entertainment Ungkap Kesedihan Atas Kepergian Sulli - Gudang Berita Viral SM Entertainment Ungkap Kesedihan Atas Kepergian Sulli
Selasa, 15 Okt 2019, 10:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print