Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 12 Agu 2019, 19:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Akila-Azila Punya Satu Tulang Dada dan Dua Jantung - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Investigasi mendalam kepada bayi kembar siam asal Kota Kendari terus dilakukan tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD dr Soetomo. Semua tim yang terlibat menelaah hasil laboratorium berupa pemeriksaan radiologi, CT scan, serta multislide computerized tomography (MSCT) struktur anatomi dan sirkulasi. Hasil telaah tersebut akan disampaikan saat geladi bersih hari ini pukul 09.00.

Bayi kembar siam Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina akan dioperasi Rabu(14/8). Saat ini usianya 17 bulan dengan berat badan 21,5 kilogram. Keduanya datang ke RSUD dr Soetomo pada Kamis (1/8) dengan didampingi pihak RSUD Kota Kendari dan Dinas Kesehatan Kota Kendari.



Kemarin (11/8) Ketua PPKST dr Agus Harianto SpA (K) kembali mengecek hasil MSCT Akila-Azila. Agus mengatakan, sejak Sabtu (10/8) kedua bayi dan orang tua dihindarkan dari kontak dengan pasien-pasien lain. ”Untuk menghindari penularan infeksi,” tuturnya.

Pada operasi separasi bayi tersebut, kali pertama akan dilakukan penggambaran bagian yang akan dilakukan pemotongan atau insisi oleh tim dokter spesialis bedah plastik. Menurut salah satu anggota tim dokter spesialis bedah plastik dr Sitti Rizaliyana SpBP-RE (K), insisi akan dimulai dari bagian perut, lalu ke dada. ”Dipisahkan juga kulit bagian bawah,” katanya.

Selanjutnya, dilakukan pemisahan liver. Pada kasus Akila-Azila, diketahui tidak ada kerusakan pembuluh darah pada liver. Dokter spesialis bedah toraks dr Heroe Soebroto SpB SpBTKV (K) mengatakan bahwa terdapat dua organ liver pada si kembar. Namun, ada beberapa bagian pembuluh darah yang menyatu. ”Nanti dipisahkan untuk jaringan-jaringan dalam hati tanpa merusak jaringan lain,” ucap Heroe.

Yang menjadi tantangan dokter spesialis bedah toraks adalah tulang dada yang hanya satu, sementara ada dua organ jantung. Menurut Heroe, sangat mungkin salah satu bayi tidak bisa mendapatkan tulang dada sebagaimana mestinya.

”Kami butuh kejelian untuk melihat hasil CT scan agar mengetahui batasan-batasan mana saja yang menempel,” kata dia.

Grafis: Rizky Janu

Untuk menutup lubang bekas operasi, Heroe dan tim menyiapkan penggunaan jaring sintetis atau mesh graft dengan beberapa ukuran. Ada juga pilihan untuk memberikan fasia pada dinding dada yang terbuka. Fasia merupakan jaringan ikat berbentuk lembaran yang menyelimuti otot. Itu bisa diambilkan dari perut atau dari paha. ”Kemungkinan besar akan menggunakan mesh graft. Soalnya, lubang bekas operasi cukup besar. Jika menggunakan fasia, tidak bisa diambil dalam jumlah besar,” tutur dia.

Heroe optimistis bisa memisahkan Akila-Azila. Pada prinsipnya, baik kasus berat maupun sulit, tim kembar siam akan mengerjakannya secara profesional. ”Saya optimistis. Pengalaman penanganan kembar siam yang sudah-sudah, kondisinya lebih baik,” ucap dia.

Dapat Banyak Kiriman Doa

Selvina Dewi dan Jayasrin, orang tua Akila-Azila, banyak menghabiskan waktu di ruang Instalasi Rawat Inap Anak (IRNA) Bobo 1 Nomor 7 RSUD dr Soetomo. Terlebih, sejak Sabtu (10/8) dokter yang merawat kedua bayi tersebut, dr Agus Harianto SpA (K), menginstruksi mereka untuk tidak sering-sering keluar ruangan tersebut.

’’Kami sudah tidak pernah lagi ngobrol dengan tetangga kamar. Paling kami keluar hanya ke toilet,’’ ucap Selvina.

Sebab, tim medis sangat menjaga kesterilan Akila-Azila agar tidak mudah terkena infeksi dari luar. ’’Kunjungan dari luar juga sangat dibatasi. Hanya dokter dan perawat yang boleh masuk. Untungnya, anak-anak sudah terbiasa di kamar,’’ lanjutnya 

Menurut dia, kondisi si kembar sehat. Tidak sakit diare maupun flu. Dia menyatakan selalu menjaga kondisi bayinya. Sebab, jika terserang dua penyakit itu, operasi separasi langsung ditunda.

Selvina mengatakan memperbanyak ibadah dan doa menjelang operasi si kembar. ’’Kami cuma berharap nanti saat pulang ke Kendari keadaan anak-anak sudah terpisah dan sehat semuanya,’’ ungkapnya.

Jayasrin menambahkan, dirinya menyerahkan operasi si kembar sepenuhnya pada tim PPKST RSUD dr Soetomo. ’’Kalau di tengah jalan ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, kami ikhlas menerimanya,’’ katanya. Dia menuturkan, doa-doa dari kerabat di Kota Kendari juga terus mengalir. ’’Bahkan banyak juga orang yang tidak kami kenal mengirim doa lewat WA,’’ tambahnya.

 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Meminum Air Putih - Gudang Berita Viral Cara Tepat Turunkan Berat Badan dengan Meminum Air Putih
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
‘Soon You’ll Get Better’, Kesedihan Taylor Swift Soal Penyakit Ibunya - Gudang Berita Viral ‘Soon You’ll Get Better’, Kesedihan Taylor Swift Soal Penyakit Ibunya
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Apa yang Biasa Tampak dari Mukminah Zaman Rasul?  - Gudang Berita Viral Apa yang Biasa Tampak dari Mukminah Zaman Rasul?
Minggu, 25 Agu 2019, 14:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print