Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 10:00:07 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Ajak Warga Bersihkan Sisa Kerusuhan Wamena - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Manto tidak mampu berbuat apa pun ketika ruko miliknya di daerah Hom-Hom, Wamena, Jayawijaya, Papua, dibakar massa pada Senin (23/9). Pikirannya saat itu hanya satu. Menyelamatkan istri dan cucunya. Tidak peduli harta benda dilalap api.

Merasa kondisi mulai kondusif, kakek 54 tahun itu datang ke tempat usaha yang juga rumahnya tersebut kemarin (3/10). Bersama warga dan aparat, dia membersihkan puing-puing bangunan. Pendatang asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan, itu menyatakan tidak punya apa-apa lagi. “Sekarang tinggal di batalyon,” ungkapnya.



Pemkab Jayawijaya, Kodim 1702/Jayawijaya, dan Polres Jayawijaya kemarin mengajak ratusan pengungsi untuk melakukan karya bakti. Mereka dibawa ke daerah-daerah sentral kerusuhan. Diajak membantu membersihkan area terdampak. Salah satunya ruko milik Manto.

“Kami ajak semua yang laki-laki. Kami perlihatkan situasi real di lapangan,” kata Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Infanteri Candra Dianto.

Sisa-sisa mobil yang hangus terbakar di kawasan siaga, Hom Hom, Wamena, Papua, Rabu (2/10/19). Sebanyak 32 orang dikabarkan tewas pasca kejadian pembakaran dan pembunuhan 23 September 2019. (HENDRA EKA/JAWA POS)

Tujuan kegiatan itu tidak lain adalah menunjukkan bahwa situasi di Wamena sudah aman. Dengan begitu, pengungsi yang selama ini tinggal di kodim maupun polres tidak perlu khawatir kembali ke rumah. Candra menyatakan, kepulangan mereka penting supaya keadaan yang sudah baik menjadi semakin baik.

Usaha tersebut tak sia-sia. Seusai karya bakti, sebagian pengungsi yang rumahnya tidak terdampak kembali ke rumah mereka meski listrik belum sepenuhnya normal. Candra mengungkapkan, PLN sudah turun tangan untuk melakukan perbaikan. “Mudah-mudahan dalam satu dua hari nyala semua,” ujar perwira menengah TNI-AD tersebut.

Candra menyebutkan, di kodim kini ada 2.500 pengungsi. Jumlah itu berkurang dari awal pasca kerusuhan yang mencapai 3.500 orang.

Sementara itu, kegiatan sekolah akan berjalan lagi mulai Senin (7/10). “Tapi tidak langsung belajar-mengajar. Melainkan, rapat dahulu,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Jayawijaya Bambang Budiandoyo.

Rapat akan membahas sejumlah persoalan. Akibat kerusuhan, banyak siswa atau guru yang mengungsi ke luar Wamena. Dari total 426 guru, kini hanya terdata 198 yang masih berada di ibu kota Kabupaten Jayawijaya itu.

Berdasar data pemerintah, total ada 61 sekolah di Wamena. Di antara angka itu, 25 sekolah terdampak. Hari ini sekolah terdampak itu akan mulai dibersihkan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



2 Pejabat Utama BPK Terima Anugerah Bintang Kartika Eka Paksi - Gudang Berita Viral 2 Pejabat Utama BPK Terima Anugerah Bintang Kartika Eka Paksi
Selasa, 15 Okt 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
Farida Mokodompit Resmi jadi Dirut Perindo, Gantikan Risyanto Suanda - Gudang Berita Viral Farida Mokodompit Resmi jadi Dirut Perindo, Gantikan Risyanto Suanda
Selasa, 15 Okt 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
7 Hal yang Bisa Membuat Milenial Menyesal di Hari Tua - Gudang Berita Viral 7 Hal yang Bisa Membuat Milenial Menyesal di Hari Tua
Selasa, 15 Okt 2019, 15:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print