Minggu, 15 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 29 Agu 2019, 23:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Airlangga Ingin Munas Golkar Desember, SAW: Cek AD/ART Partai - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto rencannya akan menggelar musyawarah nasional (munas) Golkar pada Desember 2019. Namun, rencana itu menuai penolakan dari rekan separtainya.

Salah satunya adalah Politisi Golkar Sirajuddin Abdul Wahab (SAW) yang menilai, ide pelaksanaan munas pada bulan Desember tidak memiliki dasar yang kuat. Pasalnya, Ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar, tidak menjelaskan dengan rinci tentang periodesasi kepengurusan DPP Partai Golkar.



Menurutnya, dalam AD/ART hanya menjelaskan bahwa Munas Partai Golkar dilaksanakan satu kali dalam lima tahun, begitupan peraturan lainnya yang ditetapkan pada tingkat DPP Partai Golkar, tidak ada satupun klausul yang menjelaskan dengan rinci tanggal atau bulan untuk diselenggarakannya Munas Partai Golkar.

“Cek AD/ART Partai. Yurisprudensi pun ada, di waktu Pak Jusuf Kalla (JK) menjadi Ketua Umum Golkar dan terpilihnya Aburizal Bakrie menjadi Ketua Umum pada Bulan Oktober 2009, begitupun Setya Novanto terpilih menjadi Ketua Umum dalam Munaslub pada Bulan Mei 2016,” ungkap Sirajuddin kepada wartawan di Jakarta.

Begitupun, lanjut Sirajuddin, dalam hal rapat pleno di tingkat DPP Partai Golkar, tidak ada satupun klausul atau ketentuan yang mengatur bahwa Rapat Pleno harus melewati tahapan rapat bidang, rapat Bappilu atau rapat harian.

Selain itu, ketentuan yang tertuang dalam Tata Kerja DPP Partai Golkar, mengatur bahwa rapat pleno harus dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 2 (dua) bulan, sama halnya dengan rapat harian, dilaksanakan sekurang-kurangnya satu kali dalam 1 (satu) bulan. Untuk rapat bidang, rapat Bappilu dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan.

“Saya pikir akan lebih baik, tidak menyampaikan mekanisme Partai Golkar ke ruang publik,” paparnya.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan bahwa Partai Golkar tidak menganut sistem oligarkis. Sebab, Golkar bersifat kolektif dalam pengelolaannya. “Inilah ketentuan Anggaran Dasar Partai Golkar, kolektif,” pungkasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini DPP sedang memproses untuk rapat pleno. Menurut dia, dalam pleno juga akan ada rapat koordinator bidang, laporan Bappilu yang sedang masuk dan penghargaan bagi yang tandig pada pemilu legislatif 2019.

“Artinya kalau munas selalu Desember. Waktu itu Pak Akbar Tandjung juga Desember. Kita sesuai dengan jadwal,” tandasnya.

Sebelumnya, Bamsoet juga kembali menjelaskan, dalam AD/ART disebutkan bahwa rapat pleno harus dilakukan paling tidak selama satu kali dalam sebulan. Namun sejak tahun lalu pleno tak kunjung dilakukan.
“Ini sudah setahun tidak rapat pleno, saya enggak tahu apakah ini jadi pelanggaran atas AD/ART, terserah saja. Alasan bisa dibuat, nanti ada istri pengurus yang sedang hamil lalu menunggu kelahiran ya bisa saja. Alasan bisa dibuat, tapi kita harus mengacu pada AD/ART,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengungkap alasan mengapa partainya belum juga menggelar rapat pleno. Kata dia, Golkar saat ini tengah menunggu penetapan Caleg DPR pada 31 Agustus mendatang.

“Rapat pleno pasti akan digelar. hanya saja kan tahapan-tahapan pleno itu harus berdasarkan atas mekanisme organisasi. Salah satu nanti sebagai agenda pleno kan evaluasi. Nah evaluasi hasil pemilu harus berdasarkan sesuatu yang ditetapkan resmi oleh KPU,” ujar Ace.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lakukan 5 Cara Mencegah dan Mengobati Gejala Mata Kering - Gudang Berita Viral Lakukan 5 Cara Mencegah dan Mengobati Gejala Mata Kering
Minggu, 15 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 1 Kali
Berpose di Majalah Dewasa, Kylie Jenner Pakai Koleksi Rinaldy Yunardi - Gudang Berita Viral Berpose di Majalah Dewasa, Kylie Jenner Pakai Koleksi Rinaldy Yunardi
Minggu, 15 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kecelakaan Tunggal di Jagorawi, 3 Orang Meninggal Dunia - Gudang Berita Viral Kecelakaan Tunggal di Jagorawi, 3 Orang Meninggal Dunia
Minggu, 15 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print