Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 08 Sep 2019, 21:00:06 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Air Tercemar, Kualitas Udang Sidoarjo Buruk - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pasar ekspor udang beku di Amerika Serikat (AS) terus terbuka. Kemarin (7/9) PT Grahamakmur Ciptapratama melepas satu kontainer berisi 15,5 ton udang beku ke Negeri Paman Sam itu. ”Udang yang diekspor ini berjenis vaname,” kata Kasmiati, general manager perusahaan di Kecamatan Buduran tersebut.

Perempuan 49 tahun itu mengatakan bahwa dalam sehari pihaknya mampu memproduksi 10–15 ton udang. Sebagian besar produksi memenuhi permintaan ekspor. ”Satu bulan, kami bisa mengirim ke luar negeri sampai 15 kali,” ujarnya.



Apakah semua pengiriman ke AS? Kasmiati menjawab tidak. Sebagian produksi dikirim ke Tiongkok, Jepang, kawasan Timur Tengah, dan sebagian kecil Eropa. ”Kebanyakan memang ekspor ke AS. Sekitar 85 persen,” tuturnya. Alasannya, harga sangat kompetitif dan regulasi mudah. ”Dibandingkan dengan Eropa masih agak sulit. Dan, permintaan grade udangnya tinggi,” lanjutnya.

Selama ini, bahan baku didapat dari para petambak udang lokal. Sebagian kecil petambak itu berasal dari Sidoarjo. Sisanya, perusahaan mendapatkan kiriman dari luar kota. Misalnya, Sumbawa, Bali, dan Jawa Barat.

Kasmiati mengungkapkan bahwa Kota Delta termasuk kawasan penghasil udang. Namun, kualitasnya kurang baik. Sebab, airnya tercemar.

Kabid Produksi Budi Daya Ikan Dinas Perikanan Sidoarjo Lilik Mas’ama menyampaikan, ada 2.075 petambak udang di Sidoarjo. Tapi, yang banyak menembus ekspor adalah udang jenis windu. ”Vaname memang sedikit. Kebanyakan langsung dijual ke pengepul,” jelasnya.

Terkait kualitas, Lilik menyatakan bahwa petambak jarang memiliki tandon di area pertambakan. Hal itu membuat aliran air sungai yang masuk ke tambak tanpa proses treatment. Akibatnya, kondisi air tidak sepenuhnya bersih sehingga udang mudah terserang penyakit. ”Pemahaman itu terus kita sosialisasikan. Harapannya, produksi udang tidak hanya terus meningkat, tapi juga semakin berkualitas,” terangnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Modifikasi Nyeleneh, Pikap Seolah Berjalan Mundur - Gudang Berita Viral Modifikasi Nyeleneh, Pikap Seolah Berjalan Mundur
Selasa, 24 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 2 Kali
Tiga Kali Perombakan dalam Empat Hari, Ada Apa dengan Golkar? - Gudang Berita Viral Tiga Kali Perombakan dalam Empat Hari, Ada Apa dengan Golkar?
Selasa, 24 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
OTT BUMN Perindo, KPK Amankan USD 30 Ribu - Gudang Berita Viral OTT BUMN Perindo, KPK Amankan USD 30 Ribu
Selasa, 24 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print