Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 10:00:03 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
 64 Diamankan, 28 Ditetapkan Sebagai Tersangka  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Papua - Sebanyak 64 diamankan dalam rentetan kerusuhan yang terjadi di Jayapura dan Abepura. Puluhan orang yang diamankan, diduga kuat sebagai provokator aksi massa yang berujung rusuh tersebut.

Dari jumlah tersebut, 28 orang telah ditetapkan sebagai tersangka, sementara 36 lainnya masih dalam proses pemeriksaan intensif tim penyidik. Akibat kerusuhan itu,
12 fasilitas negara terbakar, dan 9 ruko milik warga setempat rusak berat.



Peristiwa memilukan itu terjadi pada Kamis (29/8/2019) sekitar pukul 09.00 WIT, saat 30 orang mahasiswa yang dipimpin Dolfinus Hisage berkumpul di Gapura Uncen Atas. Kemudian mereka melakukan longmarch ke arah lampu merah Waena dan berkumpul dengan ratusan massa.

“Mereka berjumlah sekitar 500 orang dan setelah itu menuju ke Lingkaran depan Kantor Pos Abepura serta melakukan orasi yang dipimpin oleh Korlap An. Luki Siep,” tutur Kabid Humas Polda Papua AKBP Am Kamal lewat keterangan tertulis yang, Sabtu (31/8/2019).

Pada saat itu, Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam Sakka meminta massa untuk tidak menutup jalan dan mengganggu aktivitas masyarakat lain. “Namun massa yang hadir tidak menghiraukan imbauan dari Kabag Ops,” tambahnya.

Pukul 14.00 WIT, massa kembali melakukan longmarch menuju Jayapura. Saat perjalanan dari Abepura, mereka sudah melakukan pelemparan batu ke arah rumah dan toko yang berada di pinggir jalan.

“Setibanya di Kotaraja, massa langsung merusak dan membakar Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP). Setelah itu massa bergerak ke Entrop dan membakar lapak di depan Papua Trade Center (PTC), kemudian melempari Mapolsek Japsel lalu bergerak ke arah Jayapura. Dan selama dalam perjalanan massa melakukan pengrusakan juga pembakaran rumah dan bangunan yang berada di pinggir jalan,” bebernya.

Ratusan massa tersebut juga menduduki Pelabuhan Laut Jayapura. Di sana mereka melakukan tindakan anarki dengan membakar kantor bea cukai dan ruko yang berada di sepanjang jalan pelabuhan.

“Setelah itu mereka menuju Jalan Koti, dan membakar kantor Telkomesel dan ruko-ruko yang berada di terminal lama Pasar Jaya. Massa bergerak menuju Kantor Gubernur Provinsi Papua di Dok II dan selama perjalanan melakukan pengrusakan Kantor Bank Indonesia, Kantor Jiwasraya, Kantor Navigasi, Kantor Perhubungan, Mall Jayapura,” ungkapnya.

Massa pun bertambah banyak menjadi ribuan, mereka datang dari Pasir II dan Angkasa. Tanpa basa-basi mereka langsung membakar Pos Patmor Lumba-lumba Dok V Atas dan melakukan penjarahan sembako di Toko Efan Dok V Bawah. Massa lantas bergabung ke kantor Gubernur Prov Papua.

“Seluruh massa yang diperkirakan berjumlah sekitar 3.000 orang kemudian bertahan di Kantor Gubernur Provinsi Papua di Dok II Jayapura. Selama dalam perjalanan, massa membawa dan mengibarkan bendera Bintang Kejora dan ada beberapa orang yang membawa senjata tajam,” tandasnya.




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium  - Gudang Berita Viral Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter  - Gudang Berita Viral 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Mane dan Salah Sudah Baikan  - Gudang Berita Viral Mane dan Salah Sudah Baikan
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print