Minggu, 15 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 10 Sep 2019, 20:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
57 x 76, Pameran Kolaborasi Dua Maestro - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Karya-karya Hanafi dan Goenawan Mohamad (GM) selama ini kerap berbicara gaya masing-masing. Apa jadinya jika mereka berkolaborasi memamerkan lukisannya dalam satu kesempatan?

Karya-karya mereka itu ditampilkan oleh Komaneka Fine Art Gallery dengan tajuk pameran 57 x 76. Judul pameran 57 x 76 dengan menggunakan tanda (X) menguatkan makna suatu pertemuan atau dialog. X juga peleburan visi artistik dua sosok yang telah lama malang melintang dalam kancah kesenian di Indonesia, Hanafi dan GM. Ketika menggarap proyek ini Hanafi dan GM masing-masing berusia 57 dan 76 tahun.



Kurator pameran Agung Hujatnikajennong menyebut kolaborasi Hanafi dan GM sebagai proyek yang bersifat aleatoris (latin, aleator: pelempar dadu) yang bertumpu pada ketidakmenentuan atau kebetulan yang acak. Aleatorisme, sebagai sebuah metode kolaborasi artistik, menganggap ketakterdugaan sebagai sesuatu yang mengatasi determinasi kesadaran dan kehendak subjek.

Dalam proyek ini, kolaborasi menjadi subversi atas paradigma artistik yang menempatkan individu sebagai pusat penciptaan. Proyek 57 x 76 ini tentu tidak akan terjadi tanpa adanya saling pengertian di antara Hanafi dan GM.

“Tapi yang lebih menarik adalah bagaimana proyek kolaborasi ini tidak terlalu bertumpu pada diskusi-diskusi. Apalagi perdebatan yang berkepanjangan di antara kedua seniman,” kata Agung.

“57 x 76 seperti tengah mengajarkan bagaimana dua orang seniman dapat memunculkan wilayah irisan gagasan dan pemikiran yang subjektif melalui gambar, simbol, dan tanda-tanda. Tentu saja sikap terbuka, saling belajar, dan respek satu sama lain. Hirarki kesenimanan hilang. Tak ada lagi Hanafi dan GM sebagai individu dalam karya-karya ini,” imbuh Agung.

Lukisan-lukisan dalam 57 x 76 dikerjakan dengan prosedur yang khusus: Hanafi memulai dengan kanvas atau kertas yang telah dia lukis lalu memberikannya kepada GM untuk diteruskan.

Demikian pula, GM menyerahkan kertas atau kanvas yang sudah ia lukis untuk Hanafi respons. Hanya satu dua kali Hanafi dan GM ‘melukis bersama’ di satu tempat. Sebagian besar karya dalam proyek ini mereka selesaikan di studio masing-masing. Tanpa tatap muka satu sama lain. Selama beberapa bulan, kolaborasi ini menghasilkan ratusan lukisan dan gambar. Penyelesaian satu lembar kertas atau kanvas lebih sering terjadi dalam satu putaran.

Dengan saling membuka diri terhadap respons atau ‘intervensi’, baik Hanafi maupun GM, sebetulnya tengah membongkar batas-batas gagasan personal masing-masing. Pola penciptaan lukisan menjadi tidak linear karena keduanya harus bekerja dari permulaan yang tak terduga, yang sering tak sepenuhnya mereka fahami atau kuasai.
Pada tahap akhir, baik Hanafi maupun GM harus pasrah menerima kejutan-kejutan, ketika bentuk yang masing-masing bayangkan di awal mengalami pergeseran, perluasan, hingga perubahan-perubahan besar.

Lebih jauh Agung mengatakan, menikmati lukisan-lukisan dalam 57 x 76 lebih pas jika diibaratkan dengan mendengarkan sebuah ‘kontrapung’ (counterpoint): hasil dari suatu jukstaposisi dari dua atau lebih (rangkaian) nada dari satu atau lebih jenis instrument musik yang dihadirkan secara bersamaan. Adapun pameran 57 x 76 ini terselenggara atas kerja sama antara Komaneka Fine Art Gallery dan Studiohanafi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Kinerja KPK Bakal Diragukan Jika Memiliki Kewenangan Penerbitan SP3 - Gudang Berita Viral Kinerja KPK Bakal Diragukan Jika Memiliki Kewenangan Penerbitan SP3
Minggu, 15 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ketahui Sebab Mata Gatal Seperti Terganjal Pasir - Gudang Berita Viral Ketahui Sebab Mata Gatal Seperti Terganjal Pasir
Minggu, 15 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jika Poin Usulan Revisi UU Disetujui, KPK Cuma seperti Lembaga Kajian - Gudang Berita Viral Jika Poin Usulan Revisi UU Disetujui, KPK Cuma seperti Lembaga Kajian
Minggu, 15 Sep 2019, 12:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print