Minggu, 22 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 19:00:20 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Mobil dan 231 Sepeda Motor Dirusak, Polisi Tahan 53 Brajamusti - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pendukung PSIM Jogjakarta Brajamusti harus bermalam di Stadion Brawijaya, Kediri, Senin (2/9). Sebab, di luar stadion, suporter Persik Kediri Persikmania menunggu mereka. Itu buntut kerusuhan yang terjadi dalam laga Persik Kediri kontra PSIM Jogjakarta Senin sore.

Brajamusti baru bisa keluar dari stadion Selasa dini hari (3/9) setelah kondisi di sekitar benar-benar aman. Kemudian, pihak keamanan memulangkan suporter PSIM tersebut ke Jogjakarta dengan menggunakan kereta api pada Selasa pagi dan siang.



Berdasar keterangan pihak kepolisian, sekitar 1.500 Brajamusti datang di Stadion Brawijaya. Tetapi, tidak semuanya dipulangkan. Sebab, 53 orang di antara mereka ditahan di Polres Kediri Kota. Mereka kedapatan membawa senjata tajam. Meski telah menahan mereka, pihak Polres Kediri Kota belum menetapkan tersangka. ’’Semuanya masih dalam penyelidikan. Kami akan dalami lagi keterlibatan masing-masing,’’ kata Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Menurut panpel Persik, jumlah Brajamusti yang datang melebihi kuota. Sejatinya kuota untuk suporter tim tamu hanya 500 orang. Tetapi, pihak Brajamusti meminta tambahan menjadi 1.000. ’’Kami turuti permintaan mereka,’’ kata Ketua Panpel Persik Widodo. Ternyata jumlah Brajamusti yang datang jauh melebihi kuota.

Hal itu membuat Widodo berencana menolak menerima tim tamu untuk laga kandang berikutnya. Terdekat, Persik akan menjamu Persis Solo di Stadion Brawijaya pada Jumat (6/9). Tetapi, sangat mungkin suporter Persis masih diberi kuota tiket. ’’Sebab, kami memang punya hubungan baik dengan suporter Persis,’’ terang Widodo. Karena itu, dia berharap agar tidak ada hukuman berat yang dijatuhkan kepada Persik.

Soal kerusuhan itu, pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih mempelajarinya. Mereka tidak akan tergesa-gesa menentukan sanksi. ’’Kami akan menunggu laporan resmi dari beberapa pihak. Setelah itu, baru ditentukan langkah berikutnya,’’ kata Direktur PT LIB Dirk Soplanit.

Di sisi lain, pihak Asprov PSSI Jatim cukup gemas atas kerusuhan antara Brajamusti dan Persikmania. Sekjen Asprov PSSI Jatim Amir Burhanuddin mengharapkan PT LIB sebagai operator kompetisi serius menangani kasus tersebut. Sebab, bukan kali pertama kerusuhan suporter tim Liga 2 terjadi di Jawa Timur.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan dalam laga Persatu Tuban kontra PSIM Jogjakarta (20/7). Kemudian, kerusuhan kembali terjadi saat Persis Solo menghadapi PSIM di Stadion Wilis, Madiun (16/8). Dan setiap kerusuhan yang terjadi melibatkan suporter PSIM Jogjakarta. ’’Kompetisi Liga 2 ini, tampaknya, luput dari perhatian operator kompetisi,’’ kata Amir.

Berkaca dari berbagai kejadian itu, Amir meminta operator kompetisi bisa mengambil langkah konkret. Hal itu dinilai sangat perlu dilakukan agar insiden serupa tidak terulang. ’’Kami yang di Jatim sudah sangat terpukul dengan kejadian yang melibatkan suporter Persik dengan PSIM ini. Jangan sampai yang sudah terjadi di Kediri ini berulang,’’ harapnya.

 

Kerusakan Akibat Kerusuhan

1. Pagar besi yang mengelilingi kolam renang di Tirtoyoso Park rusak.

2. Belasan rambu-rambu di Taman Tirtoyoso patah.

3. Tembok sisi selatan Taman Tirtoyoso jebol tiga meter.

4. Portal dan mesin parkir patah. Kaca di ruang petugas parkir pecah. Demikian pula meja kasir.

5. Lima unit kendaraan roda empat yang terparkir di sisi timur jalan dibalik dan dipukuli hingga rusak berat.

6. Sebanyak 231 unit kendaraan roda dua rusak. Hancur karena dipukuli atau spare part-nya dijarah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum - Gudang Berita Viral Jolene Marie Cholock-Rotinsulu Bahas Limbah di Global Landscapes Forum
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi - Gudang Berita Viral Pemkot Surabaya Menang Banding, Maspion Ajukan Kasasi
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final - Gudang Berita Viral Marcus: Bang Ahsan Nggak Fit Saja Bisa Masuk Final
Minggu, 22 Sep 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print