Senin, 26 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 09:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Mitos Seputar ASI dan Menyusui yang Jarang Diketahui - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – ASI adalah nutrisi yang paling lengkap bagi bayi untuk mendukung 1000 hari pertamanya. Meski begitu, masih ada pemahaman yang salah seputar ASI, yang jarang diketahui masyarakat. Pemahaman yang keliru ini terkadang membuat ayah atau ibu menjadi ragu.

Dokter Spesialis Anak dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM menjelaskan beberapa mitos yang masih dipercaya atau dipegang oleh masyarakat khususnya para ibu seputar ASI. Hal ini penting diketahui dalam rangka mendukung Pekan Menyusui Sedunia pada 1-7 Agustus.



1. Asi Booster

Masyarakat masih percaya pada asupan pendukung ASI atau ASI booster seperti daun katuk. Namun menurut dr. Utami, seluruh ASI booster tak akan efektif untuk meningkatkan produksi ASI jika ayah ASI tak mendukung penuh.

“Ada obat yang diberikan dokter dan ada yang tadisional boleh-boleh saja. Mana yang dipercaya. Misalnya daun katuk, atau ada daun bangun-bangun. Kalau di Makassar juga percaya jantung pisang. Namun jika ayah tak mendukung, tetap itu semua tak akan efektif,” tegasnya.

2. Alergi ASI

Anak bisa mengalami alergi protein susu sapi. Menurut dr. Utami bahkan hampir 80 persen anak alergi adalah karena susu sapi. Namum ASI tidak bisa memicu anak alergi

“Kecil kemungkinan anak alergi susu ASI. Yang ada adalah anak alergi makanan yang dimakan ibunya. Misalnya ibunya minum susu sapi, anak bisa alergi. Bukan karena ASI,” ujarnya.

Ilustrasi makanan pedas. Ibu menyusui terkadang menghindari makanan pedas selama menyusui (NutraIngredients-Asia)

3. Jangan Makan Makanan Pedas

Mitos yang keliru lainnya adalah jangan mengonsumsi makanan pedas selama menyusui. Padahal dr. Utami menegaskan air ketuban ibu juga rasanya sama seperti apa yang dikonsumsi ibu. Artinya bayi sudah beradaptasi dengan segala makanan ibu sejak dalam kandungan.

“Maka selama makan pedas cabainya enggak 1 kilo sendirian, ya sah-sah saja. Asal jangan kebanyakan. Kopi juga enggak masalah asal jangan kebanyakan,” ungkapnya.

4. Donor ASI

Pemahaman yang harus diperhatikan masyarakat adalah seputar donor ASI. Jangan asal sembarangan mencari donor ASI bagi anak. ASI terbaik hanya disediakan oleh Kementerian Kesehatan setelah melalui screening.

“Swbab ada kasus 2-3 tahun lalu di Pulau Jawa, ada kecolongan 3 bayi dikasih ASI donor ternyata tertular HIV. Maka harus hati-hati,” katanya.

5. Menyusui Bikin Payudara Kendur

Menurut dr. Utami, menyusui tak akan mengubah kualitas payudara. Justru payudara bisa berubah saat ibu sedang hamil.

“Makanya saya bilang ke para suami kalau Anda tak mau payudara istri Anda berubah, jangan biarkan istrimu hamil dong. Kalau menyusui tak membuat payudara kendur. Dan anak sebaiknya disusukan kanan dan kiri ya, karena faktor kosmetik dan anak itu suka memilih payudara. Jadi yang tak disukai si anak, payudaranya lebih kecil. Saya usulkan, biar saja anak suka yang kanan atau yang kiri, nah yang tak terlalu disukai bisa dipompa agar tetap bagus payudaranya,” tandasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 AC Milan Takluk 0-1 dari Udinese  - Gudang Berita Viral AC Milan Takluk 0-1 dari Udinese
Senin, 26 Agu 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 ICW Sebut 20 Capim KPK yang Lolos Biasa Saja  - Gudang Berita Viral ICW Sebut 20 Capim KPK yang Lolos Biasa Saja
Senin, 26 Agu 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Raih Gelar Juara Dunia, Ini Kata Hendra/Ahsan  - Gudang Berita Viral Raih Gelar Juara Dunia, Ini Kata Hendra/Ahsan
Senin, 26 Agu 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print