Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 19:00:06 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Lewat Jastip - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Tak sempat membeli barang atau produk yang diinginkan, atau terlalu jauh untuk membelinya, cobalah berbelanja lewat jasa titipan atau jastip. Tak usah repot, barang yang diinginkan bisa langsung diperoleh di tangan.

Pakar Perencana Keuangan dari Universitas Indonesia (UI), Zaafri Husodo menjelaskan, saat ini ada pergeseran budaya soal perkembangan bisnis jastip. Dulunya jastip biasa dilakukan untuk melayani para ekspatriat yang tinggal di Indonesia dan ingin membeli barang di luar negeri. Namun kini, para traveler semakin menjamur. Tren traveling ke berbagai wilayah dan sejumlah negara semakin diminati anak-anak muda atau milenial.



“Semakin bergeser ya saat ini, karena anak-anak milenial suka bepergian, traveling, dan belanja. Maka sekarang dimudahkan dari yang dulunya lewat website sekarang cukup lewat media sosial,” kata Zaafri kepada gudangberitaviral.com, Minggu (1/9).

Bagi pemula atau yang baru saja ingin berbelanja lewat jastip. Sebaiknya perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Lewat Media Sosial

Menurut Zaafri, saat ini semakin banyak jastip yang mudah ditemukan di media sosial. Berbagai produk juga ada, dari mulai makanan, fashion, produk Korea, Jepang, Eropa, Amerika, atau produk-produk di dalam negeri yang sulit dijangkau.

Ilustrasi aktivitas belanja jastip online. (FinancialExpress)

“Sekarang cukup cari di media sosial, traveler yang sedang berbelanja di luar negeri tinggal WA Call, atau Video Call, foto produknya, dan titip. Sesimple itu,” katanya.

2. Order dan Posting

Salah satu pelaku bisnis jastip di media sosial, @malka_thestore asal Bandung biasa menawarkan jastip barang-barang branded mal sekelas ZARA, Uniqlo, H&M. Pemilik toko, Shandy, biasa menunggah foto produk yang bisa dipesan para pelangga. Orderan masuk melalui WA setelah calon pembeli melihat produk-produk yang diposting di Instagram.

3. Pembayaran

Menurut Shandy, barang atau titipan baru akan dibelikan setelah calon pembeli melakukan transfer. Pembayaran bisa dilakukan full payment atau DP 50 persen dari total rekapan.

4. Harga Jastip

Penentuan harga juga ditentukan masing-masing pelaku jastip. Menurut Shandy, untuk harga yang diposting di IG adalah tag price barang tersebut baik harga sale/normal price.

“Jadi benar-benar harga real yang dijual di-store-nya. Baru setelah rekapan saya tambahkan fee jastipnya. Fee jastip disesuaikan dengan harga barang,” jelasnya.

Shandy menjelaskan jika harga barang di bawah Rp 100 ribu, fee jastipnya 10 ribu per item. Untuk harga barang di atas 100 ribu fee jastipnya Rp 20 ribu per item.

“Ada diskon fee jastip khusus pembelian 4 pieces atau lebih,” katanya.

5. Barang Asli

Umumnya semua jastip terpercaya menyediakan barang orisinil. Tips bagi pembeli dan yang dilakukan penjual untuk meyakinkan kualitas barang, adalah dengan tetap memasang label harga (price tag) saat sampai ke tangan konsumen.

“Semua original store. Kami enggak menjual barang-barang KW. Dan untuk brand-brand yang dijual di mal pembeli terima barang dengan pricetag yang masih menempel di produknya,” jelasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil - Gudang Berita Viral Nina Zatulini Serbasensitif Selama Hamil
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib  - Gudang Berita Viral Janganlah Ragu Beriman kepada Yang Gaib
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?  - Gudang Berita Viral AS Sebut China Bersedia Hentikan Ekspor Ilegal?
Rabu, 18 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print