Selasa, 19 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 03 Nov 2019, 22:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Hal Buruk Akan Menimpa Anda Jika Nunggak Kartu Kredit - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Menggunakan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup sebagian orang, barangkali Anda salah satunya. Alat pembayaran yang satu ini memang membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Sehingga wajar saja jika peminatnya terus bertambah dan semakin banyak. Selain itu, beragam fitur menarik dan menguntungkan dalam kartu kredit menjadi daya tarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan, bukan?



Namun ,bukan hanya untuk sekadar dipakai saja. Sebagai pengguna kartu kredit, Anda juga punya tanggung jawab buat menyelesaikan seluruh tagihan.

Saat Anda tidak melunasi tagihan kartu kredit, maka pihak bank akan menerapkan sejumlah sanksi, mulai dari denda yang harrus dibayar, hingga beban bunga yang semakin besar. Jadi, jangan biasakan menunggak pembayaran tagihan kartu kredit bila Anda tak ingin mengalami hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (3/11).

1. Harus Bayar Lebih karena Dikenakan Biaya Denda Keterlambatan

Jika Anda menunggak pembayaran tagihan kartu kredit, maka bank akan segera menerapkan biaya keterlambatan atas tunggakan tersebut. Biaya denda ini akan dikenakan setelah Anda melewati tanggal jatuh tempo. Bahkan meski Anda hanya melewatinya satu hari saja.

Jumlah biaya ini sangat beragam, namun pada umumnya sebesar 3 persen dari total tagihan atau minimal Rp 50 ribu, tergantung pada jenis kartu kredit yang Anda miliki. Sehingga, semakin besar jumlah tagihan kartu kredit Anda yang menunggak, maka akan semakin besar juga biaya denda keterlambatan yang harus dibayarkan.

2. Makin Terbebani karena Harus Membayar Biaya Bunga 

Saat menunggak tagihan kartu kredit, maka Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya bunga atas tagihan tersebut. Biaya ini akan tetap berlaku, bahkan meski Anda membayar sebagian tagihan atau melakukan pembayaran minimum payment saja.

Besaran biaya bunga kartu kredit sekitar 2,25 persen hingga 4 persen tergantung pada kebijakan bank penerbit kartu kredit dan juga jenis transaksi yang Anda lakukan (pembelanjaan atau penarikan tunai). Namun jumlah biaya ini tidak bisa dianggap kecil, apalagi jika jumlah tagihan kartu kredit Anda besar.

3. Riwayat atau Skor Kredit Jadi Buruk 

Penggunaan kartu kredit Anda akan memengaruhi riwayat kredit Anda secara keseluruhan di mata perbankan. Jika Anda menggunakan kartu kredit dengan baik dan pembayaran selalu lancar, maka riwayat kredit Anda tentu akan baik.

Namun sebaliknya, jika Anda menunggak tagihan kartu kredit, maka riwayat kredit tentu akan memburuk. Bank memiliki skor tersendiri untuk menilai kondisi kredit Anda, mulai kategori lancar untuk skor 1 hingga kategori macet di skor 5.

Jika skor kredit buruk, maka Anda akan sulit mengakses layanan perbankan di masa yang akan datang. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan layanan dari kartu kredit, maka kesempatan jadi tertutup karena riwayat kredit yang buruk.

4. Siap-siap Didatangi oleh ‘Debt Collector’

Anda memiliki sejumlah tunggakan di dalam kartu kredit, maka bank akan mengupayakan berbagai langkah untuk menyelesaikannya, termasuk dengan mengirimkan debt collector buat menagih.

Anda akan menerima kunjungan penagih utang ini tanpa diduga-duga, baik itu di rumah maupun di kantor tempat Anda bekerja. Bayangkan, bagaimana terganggunya Anda dengan kehadiran mereka.

Belum lagi rasa malu kepada keluarga, rekan kerja atau bahkan tetangga Anda yang akan mengetahui masalah tunggakan kartu kredit tersebut. Jadi, jangan dampai mengalami hal ini, ya?

5. Bisa Masuk dalam Daftar ‘Black List’ Bank Indonesia

Dalam kondisi yang paling buruk, tunggakan kartu kredit bisa saja membawa nama Anda masuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia. Daftar hitam ini diambil berdasarkan riwayat transaksi keuangan Anda selama 24 bulan terakhir.

Saat Anda masuk daftar hitam BI, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mengakses berbagai layanan perbankan, seperti: Pengajuan KPR, KKB, KTA, dan berbagai jenis pinjaman lainnya. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan Anda.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, 5 Hal Buruk Akan Menimpa Anda Jika Nunggak Kartu Kredit

Tag: News



Kompetisi Basket Pertama Yang Berebut Piala Presiden Jokowi - Gudang Berita Viral Kompetisi Basket Pertama Yang Berebut Piala Presiden Jokowi
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Aset First Travel Dikuasai Negara, DPR: Tidak Boleh, Itu Terlalu Zalim - Gudang Berita Viral Aset First Travel Dikuasai Negara, DPR: Tidak Boleh, Itu Terlalu Zalim
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Arya Sinulingga: Tokoh-tokoh Baru di BUMN Naikkan Kepercayaan Publik - Gudang Berita Viral Arya Sinulingga: Tokoh-tokoh Baru di BUMN Naikkan Kepercayaan Publik
Selasa, 19 Nov 2019, 15:01:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print