Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 19:00:08 WIB, 12 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Cara Promosikan Diri di Dunia Kerja Bagi Para Introver - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Setiap orang memang memiliki karakter berbeda. Ada yang suka berbicara, cuek atau bahkan sangat tertutup. Secara garis besar, kepribadian seseorang dapat dikategorikan menjadi dua golongan yaitu introver (introvert) dan ekstrover (ekstrovert).

Seorang introver lebih suka menarik diri dari keramaian, pendiam, dan tak banyak bicara. Sangat berkebalikan dengan seorang yang berkepribadian ekstrover. Sehingga tak jarang seorang introver akan merasa kesulitan dan kebingungan saat berbicara di depan umum.



Para introver bahkan harus berjuang lebih keras saat berbicara di depan umum, untuk melawan rasa takutnya. Walaupun Menjadi seorang introver tidaklah buruk, namun dengan kepribadian tersebut tentunya bisa jadi penghambat untuk karir bila tidak diatasi dengan baik.

Misalnya saat melakukan tes wawancara kerja. Dengan segala ketakutan tersebut akan menghambat saat mempromosikan diri sendiri. Wawancara pun berjalan kaku. Ini akan menurunkan nilai jual Anda.

Namun tak perlu khawatir. Hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara. Bagi Anda yang memiliki kepribadian introver, berikut beberapa tips mempromosikan diri di dunia kerja seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (30/9).

1. Belajarlah untuk Percaya Diri

Ilustrasi seseorang percaya diri saat berbicara di depan orang banyak. (nbcnews)

Percaya diri adalah kunci utama saat mempromosikan diri. Namun, memiliki kepercayaan diri yang tinggi bukanlah ciri khas seorang introver. Karena itu menumbuhkan, memupuk, serta mengembangkan rasa percaya diri sangat perlu dilakukan bagi introver.

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah diawali dengan menemukan kelemahan serta kelebihan diri. Beberapa kelebihan yang biasanya dimiliki seorang introver adalah kemampuan analisis yang sangat baik, jeli, dan teliti.

Para introver terbiasa meneliti masalah secara detail, mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar. Setelah itu, barulah mengambil kesimpulan. Orang dengan kemampuan seperti inilah yang sangat dibutuhkan perusahaan.

Oleh karena itu, para introver harus bangga dengan kemampuan ini dan tak perlu minder. Namun, jika memiliki kelebihan lainnya, tak masalah untuk diungkapkan. Misal memiliki kelebihan dengan menguasai beberapa bahasa. Tak perlu khawatir, ini bukan bermaksud untuk menyombongkan diri. Namun salah satu trik untuk mempromosikan diri.

2. Jangan Menutup Diri dengan Rekan Kerja

Menjadi pribadi introver bukan berarti menjadi pribadi anti-sosial. Tak masalah walaupun tak berteman dengan semua karyawan kantor. Namun, memiliki beberapa teman yang dapat diajak sharing adalah hal yang tepat.

Berteman dengan sesama rekan kerja tentunya akan memiliki keuntungan tersendiri. Selain memiliki rekan berbagi, rekan kerja juga dapat menjadi support system saat promosi.

Selain itu, memiliki banyak teman di tempat kerja juga akan mempermudah saat promosi diri. Karena telah mengenal sebagai teman, maka tak akan terganggu dengan rasa gugup yang berlebihan.

3. Bagikan Bakat dan Kelebihan Anda

Mengenali bakat dan kelebihan diri memang bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu yang tak sebentar untuk menggali potensi tersebut. Sejatinya, setiap manusia memang memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Maka dari itu, ketika telah mengetahui bakat dan kelebihan diri, tak ada salahnya untuk mengasahnya agar selalu berkembang.

Demikian pula saat melakukan promosi diri, tunjukkan semua kelebihan dan bakat Anda. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memang orang yang pantas buat melakukan promosi diri.

Namun ketika potensi diri belum diketahui, jangan pernah bosan untuk menggalinya. Bisa saja selama ini Anda terlalu fokus pada kekurangan diri. Sehingga masih belum menyadari kelebihan diri Anda.

4. Jangan Bosan untuk Selalu Berlatih

Menjadi pribadi introver memang memiliki kesulitan dalam mengatasi masalah komunikasi di tengah keramaian. Namun, dalam hal mempromosikan diri, tak jarang pribadi ekstrover pun merasakan demikian.

Oleh karena itu, sering berlatih dan mengasah kemampuan diri memang sangat penting. Berbicara di depan cermin adalah salah satu cara untuk berlatih sebelum berbicara di depan umum, baik untuk acara seminar, rapat maupun diskusi kelompok.

Melakukan latihan beberapa kali akan membuat penampilan sempurna. Hal ini karena apa yang akan disampaikan telah disusun sebelumnya. Sehingga, saat berbicara akan lebih sistematis serta runtut.

5. Luangkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Melakukan promosi diri bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan. Maka tak heran saat merasa lelah, baik secara fisik maupun pikiran akan sulit diajak kompromi.

Oleh karena itu, saat momen promosi diri telah dilakukan, ambil waktu buat rehat sejenak. Jika tak memungkinkan untuk cuti, maka dapat memanfaatkan akhir pekan. Mengerjakan hal-hal yang disukai ataupun melakukan short vacation tidaklah salah.

Siapa bilang introver tak berhak memiliki karier yang cemerlang?




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Ruben Membaik, Dutra Lumayan, dan Irfan Jaya Bisa Main Lawan Persela - Gudang Berita Viral Ruben Membaik, Dutra Lumayan, dan Irfan Jaya Bisa Main Lawan Persela
Minggu, 20 Okt 2019, 07:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
 3 Orang Ini Dicuekin Rasulullah dan Kaum Muslimin  - Gudang Berita Viral 3 Orang Ini Dicuekin Rasulullah dan Kaum Muslimin
Minggu, 20 Okt 2019, 07:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Commuter Rangkasbitung Hanya Sampai Kebayoran  - Gudang Berita Viral Commuter Rangkasbitung Hanya Sampai Kebayoran
Minggu, 20 Okt 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print