Senin, 16 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 30 Agu 2019, 16:00:17 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
5 Cara Gunakan Kayu Manis Untuk Kendalikan Gula Darah - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kayu manis sering digunakan untuk menambah rasa pada berbagai hidangan. Tapi kayu manis juga banyak kegunaannya untuk penyembuhan dan kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi masalah diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang menggambarkan kondisi tingginya jumlah gula darah dalam tubuh. Tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup dan memproses glukosa yang dikonsumsi, pada akhirnya masuk dan menetap dalam aliran darah. Hal ini menyebabkan lonjakan kadar gula darah.



Kayu manis memiliki kualitas tertentu yang membantu menjaga kadar gula. Dilansir dari Medical News Today, Jumat (30/8), kayu manis juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk bronkitis. Minyak kayu manis dapat membantu mengobati beberapa jenis infeksi jamur, seperti Candida, sesuai hasil studi laboratorium, yang diterbitkan pada 2016.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2.
Mengonsumsi hingga 6 gram (g) kayu manis sehari bisa menurunkan glukosa serum, trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total pada 60 orang dengan diabetes tipe 2.

Para peneliti menyarankan bahwa jika orang dengan diabetes tipe 2 memasukkan kayu manis ke dalam makanan mereka, maka dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Meski begitu, para peneliti masih meneliti lebih lanjut seputar manfaat kayu manis untuk mengendalikan gula darah.

Bagaimana Kayu Manis Dapat Mengelola Diabetes?

Kayu manis bisa merangsang sel untuk konsumsi glukosa. Mengonsumsi kayu manis meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas dan meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu dalam pemrosesan glukosa. Kayu manis mengandung beberapa senyawa anti-diabetes yang membantu menurunkan laju di mana glukosa memasuki tubuh kita. Kayu manis membantu dalam menjaga tingkat gula darah puasa pada orang yang menderita diabetes tipe-2. Kayu manis meningkatkan sistem pencernaan, yang secara langsung terkait dengan masalah diabetes. Saluran pencernaan yang sehat akan memproses, mencerna gula, dan membuang kelebihan gula untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap terkendali.

Lalu, bagaimana cara menggu akan kayu manis untuk merasakan manfaatnya?

1. Minumlah Air Kayu Manis

Cara terbaik untuk mengkonsumsi kayu manis untuk diabetes adalah dengan minum airnya. Rendam sepotong kayu 2 inci atau kulit kayu manis dalam segelas air. Biarkan semalaman dan minum pagi hari dengan perut kosong.

2. Ganti Gula dengan Kayu Manis

Kayu manis, dengan rasa yang ringan, dapat digunakan sebagai pemanis alami. Sehingga bisa dijadikqn sebagai alternatif gula yang sehat untuk semua jenis makanan penutup seperti kue dan pai.

3. Minum Teh Kayu Manis Atau Kopi

Buat teh yang dibumbui dengan sedikit bubuk kayu manis atau tambahkan ke kopi. Rasa kayu manis yang unik, ditambah berbagai khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan akan meningkatkan rasa yang lebih nikmat.

4. Tambahkan Kayu Manis ke Oatmeal

Rebus oatmeal dengan taburan bubuk kayu manis. Anda juga dapat menambahkan madu. Kayu manis akan membuat semangkok buah dan sereal terasa enak.

5. Tambahkan Pada Kari

Tumis kayu manis dengan bumbu kering lainnya seperti cengkeh dan merica untuk membuat kari tanpa santan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK - Gudang Berita Viral 2.338 Dosen Tolak Revisi UU KPK
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota - Gudang Berita Viral DPR Bacakan Capim KPK Terpilih dan Pansus Pemindahan Ibu Kota
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru - Gudang Berita Viral KPK Lantik Sekjen dan Direktur Penuntutan Baru
Senin, 16 Sep 2019, 11:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print