Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 11:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
300 Pencari Suaka Belum Dipindah dari Gedung Eks Kodim Kalideres - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Terhitung sejak 1 September 2019 kemarin, para pencari suaka sudah diharuskan meninggalkan gedung bekas Kodim Kalideres, Jakarta Barat. Namun, sampai saat ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta mendata masih ada sekitar 300 orang yang belum dipindahkan oleh United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR).

“Data terakhir, kurang lebih 500-an (pencari suaka) yang dipindahkan, yang belum sekitar 300-an. Kemarin siang saya ke Kalideres, ada yang baru datang dari Cisarua,” ujar Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, Taufan Bakri saat dihubungi, Senin (2/9).



Taufan menuturkan, meski telah melewati batas akhir, pemprov DKI masih berusaha memaklumi. Karena pemberian fasilitas kamar kos kepada para pencari suaka belum semuanya terselesaikan. Selain itu, pemprov dengan pemerintah pusat juga masih melakukan negosiasi.

“Negosiasi ini kita anggap sebagai rasa kemanusiaan saja. Batas waktu ini mau enggak mau akhirnya menjadi fleksibel,” imbuhnya.

Bantuan logistik sendiri belum distop untuk pencari suaka yang masih tertahan di Kalideres. Listrik dan air bersih masih dialirkan ke lokasi penampungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Untuk listrik juga mendapat bantuan dari Sekolah Dian Harapan, mereka swadaya, sama sebagian listrik dari Pemda,” ucap Taufan.

Sementara itu, untuk bantuan makanan pemprov DKI sudah tidak mengeluarkannya. Semuanya menjadi tanggungjawab UNHCR. Dari laporan yang Kesbangpol sendiri, bantuan makanan sampai hari kemarin masih berjalan lancar.

Rencananya siang nanti, pemprov DKI bersama pemerintah pusat, Menko Polhukam, Kementerian Luar Negeri dan UNHCR akan menggelar rapat bersama. Diharapkan pemindahan para pencari suaka bisa segera diselesaikan.

Diketahui, pemprov DKI memutuskan menghentikan bantuan kepada para pencari suaka sejak 31 Agustus 2019. Keputusan ini diambil setelah melalui rapat bersama, dan para pencari suaka merupakan tanggungan pemerintah pusat dengan UNHCR. Pemprov selama ini memberi bantuan atas dasar kemanusiaan. Para pencari suaka ini rencananya dipindah ke wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Mereka diberi bantuan dana untuk menyewa kamar kos.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer - Gudang Berita Viral Bergeser ke Usia Lebih Muda, Kenali 10 Gejala Umum Alzheimer
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel - Gudang Berita Viral Polda Kalbar Tetapkan 61 Tersangka Karhutla, 9 Korporasi Disegel
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar - Gudang Berita Viral 1.461 Mobil Mewah Belum Bayar Pajak, Total Tunggakan Rp 48,6 Miliar
Selasa, 17 Sep 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print