Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 14:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
205 PHPU Legislatif 2019 Diputus MK, Hanya 9 Gugatan yang Dikabulkan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutus 205 perkara terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Legislatif 2019. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari menyatakan mayoritas putusan sengketa Pileg 2019 ditolak dan tidak diterima oleh MK.

“Sampai dengan 8 Agustus pukul 23.45 WIB, ada 65 perkara yang ditolak, ada 90 perkara yang tidak dapat diterima, perkara yang gugur ada 31 perkara, perkara yang ditarik kembali ada 10 perkara, dan dikabulkan seluruhnya atau sebagian hanya 9 perkara,” kata Hasyim dalam keteranganya di Jakarta, Jumat (9/8).



Hasyim menuturkan, MK menerima 260 perkara terkait sengketa hasil Pileg 2019, dan telah diperiksa dalam sidang pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan agenda mendengarkan keterangan KPU, pihak terkait, dan Bawaslu. Menurutnya, perkara dismissal berjumlah 58, lalu jumlah perkara yang dilakukan pemeriksaan pembuktian ada 122 perkara.

“Jumlah perkara yang tidak masuk dalam dismissal dan tidak lanjut ke pembuktian sebanyak 80 perkara,” jelas Hasyim.

Sementara itu, Komisioner KPU lainnya Viryan Aziz menyampaikan, pihaknya segera mengeksekusi putusan MK yang mengabulkan beberapa permohonan sengketa PHPU Pileg 2019.

“Terhadap putusan MK untuk penghitungan surat suara ulang (PSSU) akan kami lakukan segera. Setelah putusan tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan KPUD Jawa Timur, dan hari ini juga akan dibahas kembali,” kata Viryan di Gedung MK, Kamis (8/8).

Hingga kemarin malam, Kamis (8/8) dalam sidang pembacaan putusan hari kedua di sesi terakhir, MK mengabulkan permohonan sengketa PHPU yang diajukan caleg Golkar DPRD Kota Surabaya, Agoeng Prasodjo.

Dalam putusannya, MK memerintahkan KPU untuk melakukan penghitungan suara ulang pileg di tiga TPS yang ada di Surabaya, Jatim. Viryan memastikan KPU akan menjalankan seluruh bunyi putusan MK yang bersifat final dan mengikat tersebut.

“KPU juga akan melakukan supervisi dan pegawasan langsung kepada KPUD yang menjalankan putusan MK. Dan akan kami laporkan segera setelah penghitungan surat suara ulang dilaksanakan,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Oknum TNI Dituntut Seumur Hidup, Keluarga Korban Minta Dihukum Mati - Gudang Berita Viral Oknum TNI Dituntut Seumur Hidup, Keluarga Korban Minta Dihukum Mati
Jumat, 23 Agu 2019, 11:00:06 WIB, Dibaca : 2 Kali
Kementerian PUPR Bangun Rusun dan Rusus Petugas Lapas Nusakambangan - Gudang Berita Viral Kementerian PUPR Bangun Rusun dan Rusus Petugas Lapas Nusakambangan
Jumat, 23 Agu 2019, 11:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Polisi Selidiki Video Viral Pelajar Tenggak Miras di Ruang Kelas - Gudang Berita Viral Polisi Selidiki Video Viral Pelajar Tenggak Miras di Ruang Kelas
Jumat, 23 Agu 2019, 11:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print